Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disdikpora Jamin Soal UN 2013 Tidak akan Bocor

Kompas.com - 14/04/2013, 18:11 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman menjamin soal Ujian Nasional (UN) 2013 tidak akan bocor. Jaminan tersebut diberikan atas dasar pengamanan ketat yang dilakukan pihak penyelenggara dibantu pihak kepolisan.

Kepala Disdikpora Kabupaten Sleman Arif Haryono mengatakan jauh-jauh hari pihaknya telah melakukan persiapan guna kelancaran Ujian Nasional 2013 termasuk rencana pengamanan soal. "Kita sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisan untuk membantu pengamanan soal ujian nasional," terangnya, Minggu (14/04).

Arif menjelaskan, mulai dari distribusi, soal ujian sudah dikawal oleh kepolisian dan bahkan di setiap pokja pengamanannya sampai 3 lapis. Siang malam dijaga oleh aparat kepolisian sehingga bisa dipastikan tidak akan terjadi kebocoran soal. Pihaknya juga menghimbau agar peserta UN 2013 tidak mempercayai jawaban yang beredar baik lewat pesan singkat maupun fotocopy.

"Soal UN jelas tidak akan bocor. Jadi jangan percaya dengan jawaban yang beredar dalam bentuk apapun," ungkapnya.

Arif juga menegaskan peserta UN di Sleman tidak ada yang berada di dalam tahanan kepolisian atau kejaksaan. Soal adanya empat tahanan di Lapas kelas IIB Cebongan Sleman yang mengikuti Ujian Nasional ia menegaskan itu bukan siswa dari Kabupaten Sleman sehingga tidak menjadi tanggung jawabnya. "Itu menjadi tanggungjawab masing-masing sekolah," ujarnya.

Secara keseluruhan jumlah peserta UN 2013 di wilayah Sleman sebanyak 4.734 SMA/MA serta 6.297 untuk SMK. Jenjang SMA/MA/SMK dilaksanakan mulai hari Senin 15 April 2013 dan berakhir 18 April 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com