Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panitia UN Gorontalo: Soal Ujian Diangkut Hercules

Kompas.com - 14/04/2013, 21:31 WIB
Kontributor Kompas TV, Muzzammil D. Massa

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com - Untuk mempercepat proses pengiriman naskah Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan sederajat, pihak penyelenggara UN menggunakan pesawat jenis Hercules milik TNI Angkatan Udara (AU) untuk mengangkut naskah soal ke daerah-daerah.

Ketua Panitia UN untuk Provinsi Gorontalo, Sarson Pomalato,ketika dikonfirmasi via telepon, Minggu (14/04/2013) malam, membenarkan informasi ini. Sarson mengungkapkan informasi ini dia terima dari para petugas pengawas pencetakan naskah yang tengah berada di Ciawi, Bogor.

"Informasi terakhir yang diberikan tim pengawas yang berada di Ciawi, naskah ujian akan diangkut menggunakan pesawat Hercules malam ini juga," Kata Sarson. Sarson tidak merinci pukul berapa tepatnya pesawat tersebut akan tiba di Gorontalo. "Maklum saja, Hercules bukan pesawat reguler yang memiliki jadwal tetap," ujarnya.

Meskipun demikian Sarson mengaku masih belum bisa memastikan 100 persen keakuratan informasi ini. Sarson beralasan, belum ada keterangan resmi dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) mengenai hal ini.

"Alasan lain, pengalaman kemarin kan begini juga. Naskah katanya akan tiba tanggal sekian, tapinya nyatanya tertunda terus, dan tertunda terus," katanya.

Ditanya soal penundaan UN, Sarson memastikan UN untuk SMA dan Madrasah Aliyah akan diundur dari yang semula Senin (15/04/2013) besok menjadi hari Rabu (17/04/2013). Sementara ujian untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga turut tertunda, meskipun naskah ujian SMK telah tiba di Gorontalo sejak jumat lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com