Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekas Operasi Belum Kering, Wibowo Tetap Jalani UN

Kompas.com - 15/04/2013, 15:59 WIB

KOMPAS.com - Wibowo (17), siswa SMA Negeri 1 Kerek terpaksa tetap mengikuti ujian nasional di Rumah Sakit Dr R Koesma, Tuban, Senin (15/4/2013) pagi. Pasalnya, dia baru menjalani operasi usus buntu, Sabtu lalu.

Pada hari pertama ujian nasional ini, Wibowo mengerjakan soal ujian Bahasa Indonesia sambil berbaring di atas tempat tidur di ruang Bougenvile, kamar II. Wajahnya saat itu masih terlihat pucat dan tubuhnya lemas karena belum sembuh usai menjalani operasi usus buntu.

Tak hanya itu saja,  luka bekas operasi warga asal Desa Gaji, Kecamatan Kerek di bagian perut ini belum kering betul, infus di tangan kirinya juga masih terpasang dan belum bisa beraktivitas normal.

Meski demikian, anak pertama dari dua bersaudara ini tampak tenang membolak-balik lembar soal dengan tangan kanannya, lalu menjawab soal itu pada lembar ujian. Sesekali ia menaruh kertas soal dan jawaban di hadapannya karena tangan kanannya lelah.

Kala itu ia mengerjakan ujian dengan diawasi oleh dua pengawas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban dan Aiptu Albert, Kanit Binmas Polsek Kerek.

Menurut Aiptu Albert, Wibowo harus mengikuti ujian nasional di rumah sakit karena kondisi yang tak memungkinkan. "Karena aturan seperti ini, maka Wibowo harus mengikuti," terang Albert.

Ia menambahkan petugas dari Polsek dan Dinas Pendidikan kadang turut membantu melingkari jawaban pilihan Wibowo. Alasan mereka karena gerak tangan Wibowo masih belum luwes dan dikhawatirkan akan membuang banyak waktu.

Tanpa persiapan cukup

Sementara itu, orang tua Wibowo yang juga menemani anaknya ujian mengatakan operasi sebenarnya hendak ditunda, namun akhirnya dilaksakan karena sakit yang dirasakan Wibowo semakin parah. "Dia menjalani operasi pada Sabtu lalu," jelas Garmani, orang tua Wibowo.

Ia menambahkan Wibowo tak memiliki persiapan apa-apa untuk mengikuti ujian ini. Sehari sebelum ujian, Wibowo juga tak membuka buku. Menurutnya, bekal Wibowo untuk mengikuti ujian saat ini adalah try out sekolah dan latihan ujian.

"Saya sebenarnya kasihan dengan kondisi anak saya ini, sebab dia belum sehat dan jarum infusnya sempat keluar darah sewaktu anak saya mengerjakan soal pertama kali. Namun karena ini adalah ujian nasional ya saya berdoa saja, semoga anak saya bisa lulus," kata Garmani.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com