Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Nasional di Timika Berlangsung Lancar

Kompas.com - 15/04/2013, 20:53 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang diikuti 863 siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) dan 764 siswa sekolah menengah umum (SMU) berlangsung lancar.

Pantauan Kompas.com di SMU Negeri 1 Timika Senin pagi (15/4/2013), Ujian Nasional diikuti 251 siswa yang terbagi di 13 ruang kelas. Ujian dimulai pukul 07.30 WIT yang diawali dengan doa bersama dan penjelasan tentang tata cara pengisian lembar jawaban.

Seusai pelaksanaan ujian hari pertama dengan materi bahasa Indonesia, tampak wajah optimistis dari para siswa. Yusuf Rumaropen, siswa kelas XII jurusan IPA mengaku bisa menjawab semua pertanyaan, karena sebagian besar dari soal ujian sudah pernah diajarkan sebelumnya.

"Sejak awal Januari hingga Maret, guru-guru memberikan kelas pengayaan dengan latihan soal, dan tryout sehingga kami lebih percaya diri dalam ujian. Puji Tuhan semua soal dapat saya jawab dengan baik," jelas Yusuf Rumaropen.

Pelaksanaan Ujian Nasional di Kota Timika mendapat perhatian khusus dari Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) bersama Komisi C DPRD Mimika didampingi Kepala Dinas Pendidikan Menengah Kabupaten Mimika, Bartholomeus Kumong, yang mengunjungi SMK Negeri 1 Kuala Kencana dan SMU Negeri 1 Timika, siang tadi.

Saat mengadakan dialog singkat dengan para siswa SMU Negeri 1 Timika, Wakil Ketua Komisi E DPRP, Maddu Mallu menyampaikan harapannya agar semua siswa yang mengikuti UN lulus, dan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Kepada para siswa, Mallu mengatakan tak perlu ragu dengan pembiayaan karena saat ini pemerintah provinsi ataupun kabupaten/kota memberikan perhatian lebih terhadap pendidikan di Papua.

"Jika ada siswa berprestasi yang tidak punya biaya, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada pemerintah," janji Maddu Mallu yang disambut tepuk tangan para siswa.

Pelaksanaan Ujian Nasional yang dilaksanakan serentak di sejumlah SMU dan SMK di Kabupaten Mimika, mendapat penjagaan sejumlah personel kepolisian dari Polres Mimika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com