Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lembar Jawaban UN Tipis, Tetap Bisa Dipindai

Kompas.com - 17/04/2013, 16:17 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Lembar jawaban Ujian Nasional (UN) SMA/SMK sederajat tahun ini memang lebih tipis. Namun, hal itu tidak menjadi kendala pemindaian, dan jawaban siswa tetap bisa terbaca.

Pemindaian lembar jawab UN untuk wilayah Jawa Tengah dilakukan di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Plt Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Agus Wahyudin mengatakan hingga saat ini pemindaian berjalan dengan lancar dan tidak ditemukan masalah berarti.

Lembar jawab yang tipis tetap bisa dibaca karena alat yang digunakan Unnes saat ini lebih canggih dibanding tahun lalu. "Memang lembar jawab tahun ini lebih tipis, tapi masih dapat diatasi," katanya saat ditemui, Rabu (17/4/2013).

Agus mengatakan, Unnes memiliki 23 alat pemindaian untuk lembar jawab. Sebanyak 20 alat difungsikan dan 10 unit di antaranya lebih canggih yakni image scanner. "Jadi lembar jawab ternoda atau terlipat masih bisa terbaca. Jika menebali jawaban terlalu tipis juga akan ditebalkan petugas tanpa mengubah jawaban," ungkap Agus.

Agus mengatakan, pemindaian ini dilakukan secara objektif dan jujur. Sehingga tidak akan merugikan siswa. Terkait dengan kecurangan atau kebocoran, Agus mengaku belum mendapatkan informasi.

Jumlah lembar jawab pada UN kali ini, total sebanyak 1.496.811 lembar. Jumlah tersebut sudah termasuk untuk UN Program Paket C. Pemindaian akan dilakukan hingga 3 Mei mendatang. "Semoga sebelum waktunya bisa selesai dan berjalan lancar," tegas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com