Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unikom Raih Emas Pertama

Kompas.com - 21/04/2013, 05:43 WIB

BANDUNG, KOMPAS - Tim robotika dari Universitas Komputer Indonesia meraih medali emas pertama dalam hari pertama kompetisi robot Robogames 2013 di San Mateo, California, Amerika Serikat. Tim dari Unikom bersama Universitas Gadjah Mada menjadi perwakilan Indonesia.

Informasi tersebut didapatkan dari pembina robotika dari Unikom, Yusrila Kerlooza, Sabtu (20/4). Robogames 2013 berlangsung pada 19-21 April.

”Kami berhasil mempertahankan gelar tahun lalu di kategori shooting gallery. Medali perak dan perunggu juga diraih dari kategori table top nav,” kata Yusrila.

Robot yang memenangi medali emas adalah DU116SGR-V13 buatan Muhammad Yazid Al-Qahar. Versi sebelumnya, yakni DU116SGR-V12, berhasil memenangi kategori serupa pada Robogames 2012, mengungguli peserta dari Amerika Serikat. Sementara itu, peraih medali perak adalah Xerok-V13 karya Anton Ade Purnama dan medali perunggu diraih robot Capit-V-13 buatan Giri Laya Bahari.

Kategori yang diikuti tim Unikom untuk hari kedua Robogames 2013 adalah robo magellan dan ribbon cyber. Pada hari terakhir, mereka juga berpartisipasi dalam kategori walker challenge.

Sebelum ikuti Robogames, tim dari Indonesia juga menorehkan prestasi dalam ajang Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest di Hartford, Connecticut pada awal April. Bersama Politeknik Negeri Bandung, peserta dari Indonesia mengumpulkan 3 medali emas, 1 perak, dan 1 medali perunggu. Dosen Unikom yang berangkat ke Amerika Serikat, Taufiq Nizar, menjelaskan bahwa baru tim mereka yang bertanding pada hari pertama. Tim UGM bertanding pada hari kedua dan ketiga. (eld)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com