Rabu, 30 Juli 2014

News / Edukasi

Mendikbud Yakin UN SMP Tidak Ada yang Tertunda

Minggu, 21 April 2013 | 17:10 WIB

Berita terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski banyak aduan terkait naskah soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs yang belum kunjung sampai, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memastikan bahwa UN tetap digelar serentak. Ia juga optimistis naskah soal akan sampai tepat waktu di daerah.

"Insya Allah aman, apalagi untuk 11 provinsi yang UN sebelumnya sempat bermasalah sudah bisa diatasi dan sampai posisi jam 12.00 siang tadi sudah terkirim," kata Nuh saat jumpa pers UN 2013 di Kemdikbud, Jakarta, Minggu (21/4/2013). "Ini termasuk juga dengan Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur yang dikabarkan belum menerima naskah," imbuh Nuh.

Seperti diketahui, beberapa Kabupaten/Kota di NTT mengeluhkan soal UN yang tak kunjung sampai di Kabupaten/Kota pada H-1 pelaksanaan UN.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, ada 10 kabupaten di NTT yang belum menerima naskah soal yaitu Kota Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timur Tengah Utara, Belu, Rote Ndao, Sabu Raijua, Nagekeo, Manggarai Timur, Manggarai Barat, Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya.

"Kalau berangkat dari data dan pemantauan, semuanya sudah bisa masuk ke daerah masing-masing," ujar Nuh.

Ia juga menegaskan bahwa naskah soal akan sampai di kabupaten/kota paling lambat hari ini dan sampai di sekolah besok pagi. Untuk itu, ia meminta agar semua pihak tetap tenang karena naskah soal dipastikan akan sampai tepat waktu sehingga UN akan digelar serentak.

"SOP-nya memang seperti itu. H-1 sampai di kabupaten/kota dan sampai di sekolah pada hari pelaksanaan. Jadi tenang karena ini soal terus bergerak," ujarnya.


Penulis: Riana Afifah
Editor : Tri Wahono