Sabtu, 30 Agustus 2014

News / Edukasi

Ujian Nasional

Sakit, Mutiara Kerjakan Soal UN di Rumah

Senin, 22 April 2013 | 19:19 WIB

Terkait

JAMBI, KOMPAS.com— Mutiara Gustia, siswa SMPN 15 Kota Jambi, menjalani hari pertama ujian nasional di tempat tidur karena sakit. Mutiara adalah siswa juara umum di sekolah untuk semua mata pelajaran.

Mutiara terbaring sakit karena kanker tulang yang dideritanya sejak setahun terakhir. Seluruh persendiannya terserang virus hingga membuat dirinya tidak bisa bangun.

Ujian tetap dia ikuti walaupun dilakukan di atas kasur di rumahnya di Kelurahan Eka Jaya, Kecamatan Jambi Selatan, Senin (22/4/2013). Adapun, mata pelajaran pada hari pertama yang diikutinya, Bahasa Indonesia.

Menurut Mutiara, dirinya bisa menjawab seluruh soal dengan lancar. "Saya ingin lulus ujian," tuturnya.

Orangtua Mutiara sempat meminta dirinya menunda ujian hingga kondisi kesehatan membaik. Namun, Mutiara menolak dengan alasan ingin segera lulus dan melanjutkan pendidikan.

Sebanyak 96 sekolah tingkat menengah pertama di Kota Jambi mengikuti ujian nasional tahun ini. Sejumlah sekolah bergabung dalam pelaksanaan ujian. Sebanyak 17 sekolah bergabung ke sekolah induknya. Penggabungan tersebut disebabkan jumlah siswa peserta UN di sekolah tersebut tidak memenuhi ketentuan.


Penulis: Irma Tambunan
Editor : Marcus Suprihadi