Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua Diminta Beri Semangat Anak Hadapi UN

Kompas.com - 29/04/2013, 03:15 WIB

PALU, KOMPAS.com - Para orangtua murid harus memberikan semangat kepada anak-anaknya dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) tingkat SD yang dijadwalkan berlangsung pada 6-8 Mei 2013.

"Selama minggu tenang ini, sebaiknya orang tua terus memberikan motivasi agar anak tidak stres saat menghadapi UN," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Palu, Nursalam di Palu, Minggu (28/4/2013).

Ia mengatakan bahwa selama menghadapi minggu tenang, anak-anak jangan dipaksa untuk mengerjakan pekerjaan yang dapat mengganggu kosentrasi dan juga fisik mereka. "Pada hari-hari ke depan ini, lebih baik orangtua mendampingi anak-anak untuk belajar. Jangan biarkan mereka belajar sendiri," katanya.

Sesekali, kata Nursalam, orang tua menemani anak saat belajar, karena hal itu akan memberikan motivasi dan semangat bagi mereka. Selain belajar, jangan lupa juga mengajak anak-anak untuk selalu berdoa meminta kepada Tuhan agar memberikan hikmat dan kemampuan.

UN tingkat SD/MI di Kota Palu akan diikuti sebanyak 6.322 siswa. Nursalam mengatakan pelaksanaan UN dibagi lima sub rayon Palu Timur, Palu Barat, Palu Utara, Palu Selatan dan sub rayon MI.

Sistem pengawasan UN SD/MI sama seperti yang dilakukan pada UN tingkat SMP dan SMA yakni dengan sistem silang. Guru yang akan mengawasi di sekolah A diambil dari sekolah B dan C. "Sistem ini untuk mengantisipasi dan mencegah agar tidak ada pengawas yang membantu siswa untuk menjawab soal UN," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com