Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Edukasi

UN SD

Berilah Semangat agar Stres Anak Berkurang

Senin, 29 April 2013 | 15:48 WIB

Terkait

PALU, KOMPAS.com — Para orangtua murid diminta untuk memberikan semangat kepada anak-anaknya dalam menghadapi ujian nasional (UN) tingkat sekolah dasar (SD) yang dijadwalkan berlangsung 6-8 Mei mendatang. Semangat dari orangtua diyakini bisa mengurangi tingkat stres pada anak.

"Selama minggu tenang ini, sebaiknya orangtua terus memberikan motivasi agar anak tidak stres saat menghadapi UN," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Palu, Nursalam, di Palu, Minggu.

Dia menyarankan, selama menghadapi minggu tenang, anak-anak jangan dipaksa untuk mengerjakan pekerjaan yang dapat mengganggu konsentrasi dan juga fisik mereka. Orangtua diminta pula untuk lebih gencar mendampingi anak-anak dalam melakukan persiapan.

Pasalnya, anak akan merasa lebih termotivasi dengan kehadiran orangtua dan semangat yang diberikan. Selain belajar, orangtua juga diingatkan untuk mengajak anak-anak berdoa kepada Tuhan.

"Pada hari-hari ke depan ini, lebih baik orangtua mendampingi anak-anak untuk belajar. Jangan biarkan mereka belajar sendiri," katanya.

Sementara itu, UN tingkat SD/MI di Kota Palu akan diikuti sebanyak 6.322 siswa. Nursalam mengatakan, pelaksanaan UN dibagi lima sub rayon Palu Timur, Palu Barat, Palu Utara, Palu Selatan, dan sub rayon MI.

Sistem pengawasan UN SD/MI sama seperti yang dilakukan pada UN tingkat SMP dan SMA yakni dengan sistem silang. Guru yang akan mengawasi di sekolah A diambil dari sekolah B dan C.

"Sistem ini untuk mengantisipasi dan mencegah agar tidak ada pengawas yang membantu siswa untuk menjawab soal UN," katanya.

 


Editor : Caroline Damanik
Sumber: