Minggu, 23 November 2014

News / Edukasi

Mei, Bulan Sibuk Pendidikan Nasional

Rabu, 1 Mei 2013 | 17:35 WIB

KOMPAS.com — Selamat datang bulan Mei. Bulan ini biasanya menjadi bulan padat agenda pendidikan nasional setiap tahunnya. Tahun ini, dengan sejumlah perubahan, agendanya lebih padat.

Besok, Kamis (2/5/2013), Hari Pendidikan Nasional diperingati. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh rencananya akan memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman kantor Kementeriaan Pendidikan dan Kebudayaan di kawasan Senayan jam 07.30 WIB. Setelahnya, Mendikbud juga dijadwalkan memberikan keterangan pers seputar kebijakan Kementerian.

Pekan selanjutnya, para siswa sekolah dasar (SD) akan mengikuti ujian nasional (UN) 2013 selama tiga hari, 6-8 Mei. UN ini diharapkan bisa berjalan lancar tanpa persoalan pelik distribusi soal yang berantakan. Pasalnya, UN untuk kakak-kakak kelasnya, SMA dan SMP, yang digelar sebelumnya, penuh kontroversi. Skala kisruhnya pun nasional.

Usai UN SD, pada pekan selanjutnya, tepat tanggal 13 Mei, pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 dibuka. SBMPTN adalah nama baru untuk penerimaan mahasiswa baru PTN melalui jalur tertulis. Pendaftarannya ditutup pada tanggal 7 Juni.

Lalu, pengumuman UN SMA dan sederajat akan dilakukan pada tanggal 24 Mei 2013. Banyak siswa SMA yang menunggu-nunggu pengumuman ini karena hasil UN menjadi salah satu syarat penerimaan SNMPTN bersama dengan hasil rapor. Hasil SNMPTN dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 28 Mei.

Jangan lupa Kurikulum 2013...

Bulan Mei juga diwarnai persiapan penerapan Kurikulum 2013 pada pertengahan Juli mendatang. Menurut timeline yang sudah dipaparkan Kementerian dalam sejumlah sosialisasi sebelumnya, sejumlah agenda mendesak digelar pada bulan ini.

Buku untuk kurikulum baru, misalnya, direncanakan dicetak pada bulan Mei. Selain buku, menurut jadwal, Kementerian akan menggelar pelatihan untuk 46.213 guru inti oleh para instruktur nasional.

Dengan metode master teacher, para guru inti nantinya akan diminta melatih guru kelas dan guru mata pelajaran sebelum kurikulum baru benar-benar diterapkan di sebagian sekolah.

Di sela-sela agenda yang sudah terjadwal ini, Kementerian, terutama Mendikbud, masih akan disibukkan soal kisruh UN SMA dan SMP 2013. Hasil investigasi kekacauan jadwal UN harus segera diumumkan kepada publik. Investigasi proses tender juga masih berjalan.

Semoga semua agenda ini tertangani dengan profesional dan berkualitas....

 


Penulis: Caroline Damanik
Editor : Caroline Damanik