Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unand-UNP Terima 3.714 Mahasiswa Jalur SBMPTN

Kompas.com - 01/05/2013, 22:37 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang akan menerima 3.714 mahasiswa baru pada seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) yang akan digelar pada 18-19 Juni 2013.

"Dari 3.714 kursi tersebut Universitas Andalas (Unand) akan menerima 2.190 orang dan Universitas Negeri Padang (UNP) sebanyak 1.524 mahasiswa," kata Ketua Panitia Lokal SBMPTN 2013 Agus Irianto di Padang, Rabu (1/5/2013).

Menurut dia, berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri terdiri atas tiga jalur.

Jalur pertama berupa seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru (SNMPTN) dengan melakukan penelusuran nilai akademik siswa di SMA dan sederajat atau sebelumnya dikenal dengan jalur undangan. "Berdasarkan ketetapan, melalui jalur SNMPTN akan diterima mahasiswa sebesar 50 persen dari kuota," kata dia.

Kedua, penerimaan melalui jalur SBMPTN atau ujian tulis yang sebelumnya dikenal SNMPTN dimana kuota yang ditetapkan melalui jalur ini sebesar 30 persen dan ujian dilaksanakan serentak secara nasional.

Berikutnya, penerimaan melalui jalur mandiri dengan jumlah kuota 20 persen dan diserahkan sepenuhnya kepada perguruan tinggi masing-masing untuk melaksanakannya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Andalas Febrin Anas Ismail memastikan pada 2013 Unand tidak menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Unand menerima mahasiswa baru melalui SNMPTN sebanyak 3.106 atau 60 persen dari kuota, serta jalur SBMPTN 2.190 mahasiswa atau 40 persen.

Pendaftaran dibuka pada 13 Mei hingga 7 Juni, ujian tulis akan digelar pada 18-19 Juni dilanjutkan dengan ujian keterampilan bagi program studi khusus. SPMB 2013 dapat diikuti oleh lulusan SMA sederajat tahun 2011, 2012 dan 2013 dengan syarat yang bersangkutan dinyatakan lulus pada ujian nasional.

Calon peserta dapat melihat tata cara pendaftaran serta mengunduh borang pendaftaran ujian pada situs resmi ww.sbmptn.or.id mulai 30 April, namun sebelumnya harus membayar biaya ujian melalui Bank Mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com