Kamis, 17 April 2014

News / Edukasi

STP Bandung Catat Rekor Jumlah Wisudawan Terbanyak

Senin, 6 Mei 2013 | 07:03 WIB

Baca juga

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung mencatat rekor jumlah wisudawan terbanyak yang dilantik pada Sabtu (4/5/2013) yakni sebanyak 566 lulusan.

"Jumlah mahasiswa yang diwisuda pada semester genap ini terbanyak sepanjang sejarah berdirinya STP Bandung, jumlahnya 566 orang," kata Plt Ketua STP Bandung, Saiful Adi di Bandung, Minggu (5/5/2013).

Pelaksanaan wisuda dilakukan di Kampus STP Bandung di Jalan Setiabudi Bandung yang dihadiri oleh pejabat dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif. Pada kesempatan itu, kata Saiful sekaligus melepas para lulusan yang akan segera memasuki dunia kerja di bidang masing-masing, baik di dalam maupun di luar negeri.

"Semua lulusan dipastikan sudah terserap di sejumlah perusahaan perhotelan dan usaha pariwisata, sebagian juga kemungkinan terjun di wirausaha. Melalui jaringan yang kami miliki semuanya sudah terkoneksi dan dipastikan terserapn dunia kerja," katanya.

Lebih lanjut, Plt Ketua STP Bandung itu juga menyatakan, komitmen perguruan tinggi kepariwisataan itu untuk terus menghasilkan lulusan-lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri pariwisata di Indonesia maupun di dunia.

Pihaknya terus melakukan up date program dan kurikulum pendidikan di kampus tersebut. Salah satunya dengan melakukan kerja sama dan pengkayaan program dengan sejumlah institusi dan perusahaan keparieisataan nasional maupun multinasional.

"Kerjasama dengan luar negeri sudah banyak dilakukan, selain program magang juga pertukaran dosen pengajar untuk menempuh pendidikan di luar negeri," katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Pembantu Ketua Bidang Kerja Sama STP Bandung, Anang Sutono yang menyebutkan upaya untuk menyelaraskan pengajaran kepariwisataan dengan kebutuhan industri kepariwisataan global mutlak dilakukan.

"Terus tetang saja banyak hal-hal yang baru dalam dunia kepariwisataan, hal itu menuntut kita untuk selalu up date dan menyelaraskan dengan kebutuhan industri kepariwisataan dunia," kata Anang.

Salah satunya dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan sejumlah kampus perhotelan dan kepariwisataan di luar negeri dan perusahaan perhotelan dunia seperti dengan Hilton, Golden Tulip, Astoria serta sejumlah perusahaan lainnya.

Selain itu kerja sama juga terjalin dengan sejumlah perusahaan dan institusi di dalam negeri dalam rangka pengkayaan program dan penguatan jejaring bagi lulusan STP Bandung.

"Permintaan tenaga perhotelan dan kepariwisataan cukup tinggi baik di dalam maupun diluar negeri, Bahkan ada permintaan tenaga perhotelan dari sebuah grup usaha hotel multinasional yang belum bisa terpenuhi, kita baru bisa memenuhi sebagian dari permintaan mereka," kata Anang.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: