Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud: Please, Don't Touch Education...

Kompas.com - 06/05/2013, 10:39 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meminta agar urusan pendidikan yang kini sedang dijalankan tidak dikaitkan dengan urusan politik. Bahkan, ia menegaskan bahwa pendidikan tidak boleh tersentuh oleh apa pun termasuk politik.

"Urusan pendidikan jangan dikaitkan dengan periodisasi politik. Please don't touch education," kata Nuh saat inspeksi dadakan pelaksanaan ujian nasional (UN) sekolah dasar (SD) di SD Bhakti, Jakarta, Senin (6/5/2013).

Ia mengungkapkan bahwa masalah pendidikan ini harus dilakukan secara berkelanjutan dan tidak boleh dipengaruhi oleh periode politik yang berjalan. Pasalnya, pendidikan ini menyangkut hajat hidup orang banyak dan masa depan bangsa, sehingga apa yang sudah dijalankan tidak bisa diubah begitu saja hanya karena alasan periode politik.

"Sekali lagi, jangan kaitkan lima tahun periode politik dengan pendidikan. Sudah jangan diganggu, jalankan sistem yang berjalan baik dan perbaiki yang belum," ujar Nuh.

"Kalau diganggu dengan periode politik. Mosok nanti lima tahun selesai, program pendidikannya ikut ganti," imbuhnya.

Untuk itu, ia berupaya keras untuk terus memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan. Namun bagi pihak yang tidak setuju dengan langkah yang selama ini diambil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka akan diselenggarakan sebuah konvensi nasional untuk mencari jalan tengah dari masalah pendidikan ini tanpa ada campur tangan politik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com