Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran SBMPTN Mulai Senin Besok

Kompas.com - 12/05/2013, 11:00 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 dibuka secara daring (dalam jaringan atau online) mulai 13 Mei pukul 08.00 WIB.

"Siswa bisa mendaftar melalui daring pada alamat http://ujian.sbmptn.or.id," kata Koordinator Humas SBMPTN, Dr Dra Ismaini Zain MSi, di Surabaya, Minggu (12/5/2013).

Didampingi staf Humas SBMPTN Panitia Lokal Surabaya, Bagus Ani Putra, Kepala Badan Akademik dan Keuangan ITS itu menjelaskan, pendaftaran akan berakhir hingga 7 Juni pukul 22.00 WIB.

Untuk mengakses laman pendaftaran itu, siswa harus membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu ke Bank Mandiri, baik Mandiri Internet, Mandiri ATM, Mandiri SMS, Cabang Bank Mandiri, dan Kantor Pos, atau Kliring/RTGS, atau ATM Bank lain berlogo ATM Bersama, Link & Prima (hanya untuk daerah yang tidak terdapat cabang maupun ATM Bank Mandiri).

"Pembayaran sudah bisa dilakukan tiga hari sebelumnya yakni 10 Mei 2013. Setelah itu, mereka akan mendapat pin untuk dipakai masuk ke laman pendaftaran. Jika tidak puas dengan pilihannya, maka peserta bisa mendaftar lagi, tentu dengan membayar lagi," katanya.

Menurut Ismaini, biaya seleksi peserta SBMPTN ujian tertulis untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum sebesar Rp 175.000, sedangkan untuk kelompok ujian campuran sebesar Rp 200.000.

"Ujian keterampilan seperti olahraga dan kesenian mencapai Rp150.000,00 per jenis ujian keterampilan," ujar Ismaini.

Dibandingkan dengan biaya pendaftaran SNMPTN 2012, ada kenaikan biaya SBMPTN (SNMPTN ujian tulis) sebesar Rp 25.000. Biaya peserta IPA atau IPS pada SNMPTN 2012 dikenai biaya sebesar Rp 150.000 dan IPC (campuran) Rp 175.000.

"Bedanya lagi, kalau SNMPTN (seleksi nasional masuk PTN) yang pendaftarannya berakhir pada 28 Maret hanya untuk siswa SMA/MA/SMK lulusan 2013, maka SBMPTN bisa diikuti siswa lulusan 2011, 2012, dan 2013," ucap Ismaini.

Selain itu, pendaftar SBMPTN dari Lokal Surabaya bisa memilih PTN dari luar Surabaya, bila dia memilih lebih dari satu program studi.

"Pilihannya sekarang Saintek dan Soshum, bukan IPA dan IPS seperti dulu. Tetapi kalau memilih satu program studi bisa di PTN mana saja, kalau campuran (Saintek dan Soshum) atau 2-3 program studi, maka salah satu program studi harus pada PTN di lokasi ujian," katanya.

Ia menambahkan ujian tulis SBMPTN akan dilaksanakan pada 18-19 Juni, lalu hasilnya akan diumumkan pada 12 Juli.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com