Kamis, 2 Oktober 2014

News / Edukasi

Seleksi Mahasiswa Baru

Unej Buka Layanan Konsultasi SBMPTN

Senin, 13 Mei 2013 | 22:24 WIB

JEMBER, KOMPAS.com- Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 sudah dibuka. Untuk memudahkan calon pendaftar, Universitas Jember membuka layanan informasi dan konsultasi.

"Kita membuka layanan informasi dan konsultasi SBMPTN di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa sejak hari ini sampai dengan tanggal 7 Juni 2013," ungkap Zulfikar, Pembantu Rektor I Universitas Jember di Kampus Tegalboto, Jember, Jawa Timur, Senin (13/5/2013).

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 adalah pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam satu sistem yang terpadu, dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Siswa SMA sederajat yang dapat mengikuti SBMPTN adalah lulusan tahun 2013, 2012, dan 2011.

"Ujian tulis akan diadakan pada hari Selasa dan Rabu, 18 dan 19 Juni 2013, sementara pengumuman hasil ujian direncanakan pada tanggal 12 Juli 2013," kata Zulfikar.

Siswa lulusan tahun 2013, 2012, dan 2011 yang berminat mengikuti SBMPTN bisa mendaftarkan diri dengan cara membayar biaya ujian terlebih dahulu melalui bank. Khusus untuk siswa SMA sederajat yang lulus tahun 2013, diharapkan meminta Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari kepala sekolah dengan dilengkapi pasfoto terbaru dan dibubuhi stempel sekolah karena dimungkinkan ijazahnya belum keluar.

Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember Rokhani menambahkan, layanan informasi dan konsultasi mengenai SBMPTN 2013 bertujuan memberikan layanan konsultasi mengenai dunia perguruan tinggi, terutama mengenai program studi yang ada.

Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, masih ada calon peserta yang bingung memilih program studi yang ada. " Sebaiknya sebelum mendaftarkan diri para calon peserta membuka informasi dan tata cara pendaftaran SBMPTN di laman http://www.sbmptn.or.id agar tidak salah melangkah dan mencari tahu mengenai program studi yang diminati," katanya.

Tahun lalu peminat masuk ke Universitas Jember melalui jalur ujian tulis mencapai 22.225 orang. Untuk diketahui, kata Rokhani, 30 persen kursi mahasiswa baru di 61 PTN di Indonesia akan dipenuhi melalui jalur SBMPTN 2013, sedangkan 50 persen diperoleh dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang kini tinggal menunggu pengumuman hasil kelulusannya.

"Sisanya sebanyak 20 persen diserahkan kepada tiap PTN melalui seleksi lokal atau seleksi mandiri," kata Rokhani.


Penulis: Syamsul Hadi
Editor : Marcus Suprihadi