Selasa, 23 September 2014

News / Edukasi

5 Kampus dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia

Selasa, 14 Mei 2013 | 13:55 WIB

KOMPAS.com - Jika sebelumnya sudah tahu masing-masing lima kampus dengan jurusan Sastra Inggris, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, serta Pertanian dan Kehutanan terbaik, QS World University Rankings by Subject 2013 juga merilis daftar lima kampus dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan terbaik di Indonesia.

Universitas Indonesia (UI) didapuk sebagai kampus dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan terbaik di Indonesia. Jurusan ini berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi UI yang berdiri sejak tahun 1950.

Sementara itu, Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, dinilai sebagai kampus dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan terbaik kedua di Indonesia. Menariknya, ITB juga masuk dalam daftar lima besar. Jurusan Akuntansi dan Keuangan di ITB berada di bawah naungan Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB yang berdiri sejak akhir 2003.

Lalu, perguruan tinggi mana lagi yang masuk lima besar dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan terbaik di Indonesia? Berikut daftarnya:

1. Universitas Indonesia
2. Universitas Brawijaya
3. Universitas Airlangga
4. Universitas Diponegoro
5. Institut Teknologi Bandung

Di Asia, lima perguruan tinggi dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan terbaik adalah National University of Singapore (NUS), The Hong Kong University of Science and Technology, University of Hong Kong, The University of Tokyo di Jepang, dan Nanyang Technological University (NTU). NUS bahkan masuk ke 11 besar terbaik di dunia.

Sementara itu, di urutan teratas kampus dunia dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan terbaik, masing-masing Harvard University di Amerika Serikat, London School of Economics and Political Science (LSE), University of Oxford dan University of Cambridge di Inggris, serta Massachusetts Institute of Technology (MIT) di AS.

Dalam melakukan pemeringkatan, QS World Ranking menggunakan indikator reputasi akademik, kualitas sumber daya manusia, jumlah tingginya kutipan yang dipakai peneliti, indeks H yang digunakan untuk mengukur produktivitas dan dampak dari sebuah karya ilmiah para peneliti dan sarjananya, serta kekuatan spesialisasi pada disiplin ilmunya.

 


Penulis: Caroline Damanik
Editor : Caroline Damanik