Kamis, 18 Desember 2014

News / Edukasi

Gagal UN, Peserta SNMPTN Dinyatakan Gugur

Selasa, 14 Mei 2013 | 17:57 WIB

Terkait

SOLO, KOMPAS.com - Peserta yang sudah berstatus lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 dinyatakan gugur jika tidak lulus ujian nasional (UN). Hal ini disampaikan oleh Rektor Universitas Sebelas Maret Solo Ravik Karsidi.

"Ya meski dalam SNMPTN telah dinyatakan diterima, tetapi ternyata hasil UN tidak lulus, maka statusnya sebagai calon mahasiswa yang telah diterimanya dibatalkan," katanya di Solo, Senin (13/5/2013).

Ravik menyebutkan, kelulusan UN menjadi harga mati dalam persyaratan penerimaan mahasiswa baru, khususnya jalur SNMPTN, di samping nilai rapor dan rekomendasi sekolah.
     
Hal senada juga dikemukakan Ketua Panitia SNMPTN 2013 UNS Sutarno. Dia mengatakan, penerimaan calon mahasiswa ditentukan oleh kelulusan UN dan nilai rapor. Hal itu, sesuai dengan Prosedur Operasi Baku (POB).

Seperti halnya di perguruan tinggi negeri lain, katanya, dalam penerimaan mahasiswa baru pada 2013, UNS membuka tiga jalur yakni jalur SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT).

"Sampai penutupan pendaftaran SNMPTN tahun 2013, ada sebanyak 85.144 peserta yang mendaftar UNS, baik untuk pilihan satu maupun kedua," katanya.

Tahun ini, UNS akan menerima 5.400 mahasiswa baru untuk jenjang Strata 1 (S-1).

"Kuota 5.400 mahasiswa baru tersebut berasal dari tiga jalur yang dibuka UNS," kata Sutarno.

 


Editor : Caroline Damanik
Sumber: