Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Gelar Kompetisi Ilmuwan Muda

Kompas.com - 14/05/2013, 19:04 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis


PALEMBANG, KOMPAS.com- Indonesia menggelar  Asia Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) 2013 di Palembang, pada  tanggal 13-20 Mei 2013.

APCYS merupakan suatu perlombaan presentasi karya ilmiah tingkat Asia Pasifik bagi siswa sekolah menengah.

Monika Raharti,  President of APCYS, Selasa (1/5/2013), menjelaskan  tahun ini, APCYS diikuti oleh 79 peserta dari 9 negara.

Negara-negara tersebut adalah Australia, Brunei Darussalam, China, Guam, Malaysia, Taiwan, Thailand, Singapura, dan Indonesia.

Program ini diselenggarakan Surya Institute dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Ada lima kategori penelitian yang dipertandingkan yaitu  fisika, matematika, ilmu komputer, lingkungan hidup, dan biologi (life science).

Menurut  Prof Yohanes Surya,  selaku pendiri APCYS dan Surya Institute,  APCYS merupakan salah satu ajang untuk berbagi ilmu dengan siswa negara lain terutama dengan siswa dari negara Asia Pasifik.

Dalam ajang yang kompetitif namun bersahabat inilah, para peserta dapat saling berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai penelitian ilmiah yang sedang dilakukan.

Fisikawan Indonesia ini juga mengharapkan dari ajang seperti APCYS, kerja sama antara para peserta akan berkembang menjadi jaringan peneliti bertaraf internasional.

Indonesia mengirimkan 12 peserta dalam APCYS 2013. Para peserta telah melewati seleksi di tingkat provinsi dan nasional.

Menjelang ajang ini dilangsungkan, kedua belas peserta kemudian dilatih secara khusus oleh para peneliti dan pakar yang ahli di bidangnya masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com