Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2013, 11:50 WIB
Caroline Damanik

Penulis

KOMPAS.com - Hasil survei ini termasuk yang ditunggu-tunggu dalam pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2013. Sebelumnya sudah pernah diberitakan kampus di Indonesia dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan terbaik, kini kampus mana di Indonesia yang didapuk sebagai yang terbaik dengan jurusan Ekonomi dan Ekonometrika-nya?

Universitas Indonesia kembali ditempatkan di peringkat pertama pada tahun ini. Fakultas Ekonomi di kampus ini didirikan sejak tahun 1950.

Di tempat kedua duduk Universitas Gadjah Mada. Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM berdiri pada tahun 1955. Nama Institut Teknologi Bandung kembali masuk di dalamnya. Sejak 2003, ITB memang memiliki Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB.

Berikut daftar 5 besar kampus dengan jurusan Ekonomi dan Ekonometrika terbaik di Indonesia:

1. Universitas Indonesia
2. Universitas Gadjah Mada
3. Universitas Padjajaran
4. Universitas Diponegoro
5. Institut Teknologi Bandung

Di Asia, lima perguruan tinggi dengan jurusan Ekonomi dan Ekonometrika terbaik adalah National University of Singapore (NUS), The University of Tokyo di Jepang, University of Hong Kong, The Hong Kong University of Science and Technology, dan Peking University di China.

Sementara itu, di urutan teratas kampus dunia dengan jurusan Ekonomi dan Ekonometrika terbaik, masing-masing Harvard University di Amerika Serikat, Massachusetts Institute of Technology di AS, London School of Economics and Political Science (LSE), University of Chicago dan University of California Berkeley di AS.

Dalam melakukan pemeringkatan, QS World Ranking menggunakan indikator reputasi akademik, kualitas sumber daya manusia, jumlah tingginya kutipan yang dipakai peneliti, indeks H yang digunakan untuk mengukur produktivitas dan dampak dari sebuah karya ilmiah para peneliti dan sarjananya, serta kekuatan spesialisasi pada disiplin ilmunya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com