Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panitia SBMPTN Padang Siapkan 40 Ribu Kursi

Kompas.com - 16/05/2013, 22:35 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Panitia lokal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Padang menyiapkan 40 ribu kursi menghadapi pelaksanaan ujian tulis yang digelar pada 10-31 Mei 2012.

"Pada tahun lalu kuota yang disiapkan berjumlah 38 ribu dan tahun ini mengantisipasi terjadinya lonjakan dilakukan penambahan 2.000 kursi," kata Humas Panitia Lokal SNMPTN, Amril Amir di Padang, Kamis (16/5/2013).

Menurut dia saat ini proses pendaftaran telah dibuka  sejak 13 Mei secara online diakses melalui website www.ujian.sbmptn.or.id dan akan ditutup pada 7 Juni. Ia menganjurkan, pelajar SMA sederajat yang lulus pada 2011 dan 2012 segera mendaftar lebih awal agar dapat memaksimalkan persiapan ujian.

"Sedang pelajar yang lulus pada 2013 masih harus menunggu pengumuman kelulusan ujian nasional pada 24 Mei, tidak perlu khawatir karena masih tersedia waktu hingga 7 Juni," kata dia.

Ia menyebutkan, ujian tulis akan dilaksanakan pada 18-19 Juni dimana peserta dipungut biaya ujian sebesar Rp 175.000 per orang untuk kelompok sain teknologi dan sosial humaniora, serta Rp 200.000 per peserta untuk kelompok campuran, dibayarkan ke Bank Mandiri dengan nomor rekening 070 000 662 1960 atas nama SBMPTN 2013.

Setelah melakukan pembayaran, peserta akan menerima PIN SBMPTN 2013, untuk kemudian melakukan pendaftaran secara online dengan mengisi borang elektronik yang ada pada situs resmi, serta mengunggah pasfoto berwarna ukuran 4x6 cm dengan resolusi minimal 250 dpi atau 400x600 pixel.

Jika proses pengisian borang telah selesai, akan keluar kartu tanda bukti pendaftaran  untuk kemudian dicetak dan harus dibawa saat ujian.

Dijelaskannya,  ujian tertulis terdiri atas beberapa materi yaitu tes potensi akademik (TPA), tes kemampuan dasar umum meliputi  matematika dasar, bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Kemudian, tes kemampuan dasar sains dan teknologi meliputi matematika, biologi, fisika dan kimia serta tes kemampuan dasar  sosial dan humaniora meliputi sosiologi, ekonomi, sejarah dan geografi.

Ia menambahkan, berdasarkan data yang dihimpun sementara hingga saat ini jumlah pendaftar belum signifikan dan diprediksi akan terjadi lonjakan setelah pengumuman kelulusan ujian nasional SMA pada 24 Mei.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com