Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2013, 12:18 WIB
Caroline Damanik

Penulis

KOMPAS.com — Tak bisa dimungkiri bahwa jurusan Komunikasi dan Kajian Media menjadi jurusan dengan peminat yang sangat banyak di perguruan tinggi mana pun. Perkembangan teknologi mengembangkan industri media sehingga tak terbatas lagi pada media cetak. Media televisi dan radio berkembang, media online pun tumbuh pesat.

QS World University Rankings by Subject 2013 juga memasukkan jurusan Komunikasi dan Kajian Media dalam daftar 30 jurusan yang dirilisnya untuk Indonesia. Lima kampus mana saja yang memiliki jurusan Komunikasi dan Kajian Media terbaik di Indonesia?

Universitas Indonesia duduk di peringkat pertama sebagai perguruan tinggi terbaik berdasarkan penilaian terhadap jurusan ini. Di UI, jurusan Komunikasi tergabung dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan program yang beragam, mulai dari D-3 sampai pascasarjana.

Di tempat kedua ditempati Universitas Airlangga. Adapun Universitas Sanata Dharma Yogyakarta masuk dalam daftar lima besar ini, padahal kampus ini tak memiliki jurusan Komunikasi dan Kajian Media. Namun, QS World memiliki jawabannya.

"Hal ini tidak biasa bagi sejumlah institusi di luar 200 besar yang tampil dalam hasil survei, padahal mereka tidak memiliki disiplin ilmu yang dimaksud karena reputasi perguruan tinggi secara keseluruhan dianggap sebagai status atau kekuatan pada disiplin ilmu lain yang terkait erat dengan disiplin ilmu yang dimaksud," demikian penjelasan dari QS World University Rangkings melalui pesan tertulis kepada Kompas.com.

Berikut daftar lima besar kampus dengan jurusan Komunikasi dan Kajian Media terbaik di Indonesia:

1. Universitas Indonesia
2. Universitas Airlangga
3. Universitas Brawijaya
4. Universitas Sanata Dharma
5. Universitas Gadjah Mada

Di Asia, lima perguruan tinggi dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan terbaik adalah National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), The Chinese University of Hong Kong, City University of Hong Kong, dan Yonsei University di Korea Selatan.

Sementara itu, di urutan teratas kampus dunia, masing-masing University of California Berkeley (UCB), University of Texas at Austin, dan Columbia University di Amerika Serikat, National University of Singapore (NUS), dan University of Wisconsin-Madison di AS.

Dalam melakukan pemeringkatan, QS World Ranking menggunakan indikator reputasi akademik, kualitas sumber daya manusia, jumlah tingginya kutipan yang dipakai peneliti, indeks H yang digunakan untuk mengukur produktivitas dan dampak dari sebuah karya ilmiah para peneliti dan sarjananya, serta kekuatan spesialisasi pada disiplin ilmunya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com