Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 "Soft Skill" yang Harus Dimiliki Alumni Baru

Kompas.com - 20/05/2013, 10:13 WIB

KOMPAS.com — Zaman sekarang, kuliah tak hanya soal nilai-nilai akademik yang cemerlang. Masa kuliah seharusnya juga memperlengkapi calon alumninya untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus.

Salah satu keahlian yang harus dimiliki adalah yang terkait karakter atau soft skill. Sales and Marketing Director Career Builder, Gabelas MS, mengatakan, ada tiga soft skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa dan alumni dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

"Di antara banyaknya soft skill yang harus kita miliki adalah kemauan yang kuat, kecakapan berkomunikasi, serta kepercayaan diri yang tinggi," kata Gabelas dalam seminar soft skill bertema "Soft Skills and Motivation for Maximum Impact" di Aula Utama Universitas Nasional Jakarta, Selasa (9/4/2013).

Menurutnya, tiga soft skill ini akan membantu para alumni memiliki kompetensi mumpuni dalam menjawab tantangan dunia global. Namun demikian, Gabelas mengatakan tiga keahlian itu juga harus didukung oleh motivasi yang tinggi dalam meraih cita-cita serta impian di dalam hidup.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Divisi CDC Unas, Saptomo Setiawan, SP. Saptomo mengatakan bahwa kampus juga perlu bertanggung jawab memperlengkapi calon alumninya dengan keahlian dan motivasi yang tinggi, termasuk Unas.

"Kegiatan ini digelar untuk membekali mahasiswa dan alumni baru agar memiliki kesiapan dalam menghadapi dunia kerja, bagaimana trik dan tips yang menarik dalam membuat lamaran kerja dan sebagainya. Semoga banyak hal menarik dan bermanfaat yang nantinya bisa dibawa pulang oleh peserta acara ini," tuturnya.

Berlatih menyusun CV

Nah, selain melatih soft skill dan menumbuhkan motivasi, para calon alumni juga harus berlatih menyusun riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) yang menarik. Gabelas berbagi tips sederhana. Apa itu?

"Daftar riwayat hidup itu tidak perlu panjang - panjang, yang terpenting sederhana dan menggambarkan kelebihan dan kemampuan yang menonjol dari kita," tandas Gabelas.

Satu lagi, ingat, CV juga harus mudah dimengerti oleh orang lain yang membacanya ya...

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com