Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Unas Raih B Untuk Reakreditasi Institusi

Kompas.com - 23/05/2013, 18:07 WIB

Di usia 63 tahun, Universitas Nasional sebagai perguruan tinggi swasta tertua di DKI Jakarta senantiasa menjaga eksistensi dan kualitasnya. Hal ini terbukti dengan diraihnya reakreditasi (akreditasi ulang) institusi dengan nilai "B" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Staff Ahli Rektor bidang Akreditasi, Dra. Retno Widowati, M.Si dalam pesan singkatnya beberapa waktu lalu mengungkapkan, berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor: 080/SK/BAN-PT/Ak-IV/II/2013 tentang Nilai dan Peringkat akreditasi institusi perguruan tinggi menetapkan Universitas Nasional Jakarta sukses terakreditasi dengan perolehan nilai 311 dan peringkat B (Baik). "Alhamdulillah, hasil reakreditasi ini merupakan salah satu fungsi adanya program kerja yang tertata di Unas. Karena selain sebagai komponen penilaian dalam reakreditasi, program - program kerja Unas juga merupakan bukti nyata peranan institusi dalam dunia pendidikan," papar Wakil Rektor bidang Akademik, Dr. Moch Rum Alim, S.E.,M.Si dalam acara visitasi Rektorat pada Selasa, (26/2).

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Nasional, Drs. El Amry Bermawi Putera, M.A juga mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada seluruh sivitas akademika yang telah turut serta membantu dan bekerjasama dalam mempersiapkan proses reakreditasi yang dilaksanakan pada 17 - 18 Desember 2012 lalu. "Alhamdulillah UNAS berhasil mendapatkan peringkat reakreditasi B. Nilai ini merupakan hasil kerja keras kita sebelumny, saya harap pada reakreditasi mendatang ada beberapa hal yang akan diperbaiki serta ditingkatkan," imbuh El Amry.

Sebelumnya, tim asesor BAN-PT telah melakukan visitasi pembaruan akreditasi selama dua hari, pada 17 - 18 Desember 2012. Tim asesor BAN-PT tersebut terdiri dari Prof. (ret).Dr.Ir.Kapti Rahayu Kuswanto dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof.Dr. Sumartono,MS dari Universitas Brawijaya, Prof. De. Sarwiji, M.Pd dari Universitas Sebelas Maret Solo, dan Prof. Dr. Etty R. Agoes SH,LL.M Universitas Padjajaran Bandung.

Pada kesempatan tersebut, tim asesor BAN-PT melakukan visitasi dengan menilai seluruh fasilitas, sarana, dokumen hingga melakukan wawancara kepada seluruh perwakilan sivitas akademika Universitas Nasional, contohnya saja mereka mendatangi perpustakaan, laboratorium, dan kelas - kelas yang dijadikan sebagai tempat perkuliahan mahasiswa.

Dalam penutupan proses visitasi, tim asesor BAN-PT, Prof. Kapti mengungkapkan bahwa fasilitas dan aktifitas keseluruhan di Universitas Nasional sudah cukup baik. Sehingga kedepannya diharapkan pengembangan Unas akan lebih baik lagi dari apa yang telah ada.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com