Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Honor Diupah Rp 50.000 Per Bulan

Kompas.com - 28/05/2013, 14:23 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

SOE, KOMPAS.com — Terdapat sekitar 500 guru honor SD dan SMP di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, yang mendapat honor Rp 50.000-Rp 100.000 per bulan. Mereka kebanyakan mengajar di sekolah swasta. Panggilan mengabdi membuat mereka tetap bertahan.

Asnat Bel, guru honor di salah satu SD swasta di Amanuban Timur, 45 kilometer dari Kota Soe, misalnya, mendapat honor Rp 50.000 per bulan.

Sarche Kase (26), yang menjadi guru honor selama lima tahun di sekolah swasta lainnya, mendapat honor Rp 75.000 per bulan dan dibayarkan setiap tiga bulan. ”Saya tidak kuat karena honor itu tidak cukup untuk biaya hidup sehingga saya mengundurkan diri,” kata Sarche yang kini akan berangkat menjadi tenaga kerja wanita ke Malaysia.

Wakil Ketua DPRD Timor Tengah Selatan Ampere Seke Selan di Soe, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan, Sabtu (25/5/2013), mengatakan, setiap melakukan kunjungan kerja, keluhan seperti itu yang selalu ia terima. Honor guru terlalu kecil sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

”Mereka inginnya menjadi pegawai negeri sipil, tetapi aturan pemerintah pusat tidak memungkinkan,” kata Ampere.

Ia mengatakan, sebenarnya para guru honorer itu bisa digaji dengan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Masalahnya, alokasi BOS untuk honor guru dibatasi maksimal 20 persen dari total dana BOS yang diterima sekolah.

”Jika jumlah guru honor ternyata banyak di suatu sekolah, alokasi anggaran yang tersedia harus dibagi rata sehingga honor yang diterima guru menjadi kecil,” ujarnya. (KOR)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com