Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perguruan Tinggi Juga Berperan Dukung MP3EI

Kompas.com - 28/05/2013, 20:40 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Perguruan tinggi dapat berperan menopang terwujudnya Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Perguruan tinggi berperan untuk mewujdukan percepatan kemampuan sumber daya manusia, serta ilmu pengetahuan dan teknologi nasional. Karena itu, perguruan tinggi sebagai pembentuk masyarakat berbasis pengetahuan, diharapkan dapat mencetak calon pemimpin yang mampu meneruskan estafet kepemimpinan bangsa, hingga mampu membawa Indonesia menjadi negara maju.

 

Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Hatta Rajasa, dalam kuliah umum di Kampus UI, Depok, Selasa (28/5/2013), dengan tema " Peranan perguruan tinggi dalam peningkatan kualitas SDM dan pengembangan IPTEK sebagai salah satu strategi utama MP3EI".

 

Hatta menyampaikan, strategi MP3EI berfokus pada tiga pilar strategi yaitu pengembangan koridor ekonomi, perkuatan konektivitas nasional, dan mempercepat kemampuan SDM dan IPTEK nasional.

 

MP3EI adalah pembangunan ekonomi Indonesia hingga tahun 2025 yang merupakan adaptasi dan integerasi dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RJPN) 2005-2025.

Visi besar dari Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia adalah mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur. Dengan dilaksanakannya pecepatan dan perluasan pembangunan ekonomi, Indonesia ditargetkan akan masuk dalam high income country dengan pendapatan berkisar antara  14.250-15.500 dollar AS pada tahun 2025.

 

Dalam mendukung visi MP3EI tersebut, UI telah melakukan serangkaian kegiatan akademis guna terciptanya SDM dan IPTEK yang handal sebagai syarat mutlak percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia. 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com