Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBMPTN Jakarta Diikuti 44.165 Peserta

Kompas.com - 18/06/2013, 09:12 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 Panitia Lokal (Panlok) Jakarta diikuti oleh 44.165 peserta dari bidang IPA, IPS, dan campuran. Ujian SBMPTN ini akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia mulai hari ini hingga besok.

Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko, Selasa (18/6/2013) di Depok, mengatakan, jumlah peserta ujian IPA/sains dan teknologi (saintek) mencapai 17.713 orang, ujian IPS/sosial dan hukum (soshum) sebanyak 22.755 peserta, dan ujian IPC/campuran sebanyak 3.697 peminat. "Terdapat 17 peserta di antaranya penyandang disabilitas dan melaksanakan SBMPTN di Fakultas Hukum Universitas Indonesia," katanya.

SBMPTN wilayah Jakarta itu meliputi Universitas Indonesia (UI) bersama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN). Ujian tertulis secara nasional dilakukan serentak di 62 perguruan tinggi negeri pada Selasa hingga Rabu besok. Adapun ujian keterampilan dilaksanakan pada tanggal 20 dan/atau 21 Juni 2013.

SBMPTN 2013 akan menguji Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) yang meliputi matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris, serta Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) yang meliputi matematika, biologi, kimia, dan fisika. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) meiliputi sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi.

Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang ilmu seni dan keolahragaan. Selain itu juga ada ujian keterampilan bidang ilmu seni yang terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni. Ujian keterampilan bidang ilmu keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.

Tahun ini Universitas Indonesia (UI) menerima 4.600 mahasiswa baru. Penerimaan dilakukan melalui beberapa jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diselenggarakan secara nasional. Ada pula jalur Seleksi Masuk (Simak) UI yang diselenggarakan oleh panitia lokal UI. Berdasarkan ketentuan, kuota penerimaan jalur SMPTN 50 persen, SBMPTN 30 persen, dan Simak 20 persen.

"Untuk jalur SMPTN ada 2.300 mahasiswa yang diterima, jalur SBMPTN sebanyak 1.380 mahasiswa, dan SIMAK 920 mahasiswa," kata Pejabat Rektor UI Muhammad Anis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com