Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Siswa Belajar di Bawah Ancaman Longsor

Kompas.com - 02/07/2013, 21:51 WIB
CIANJUR, KOMPAS.com — Ratusan siswa SDN Mekarmanah di Kampung Ciparay, Desa Mekarjaya, Kecamatan Campaka, Cianjur, Jabar, terpaksa menjalani proses belajar-mengajar di bawah ancaman longsor.

Pasalnya bangunan sekolah tersebut terletak di atas tebing setinggi 13 meter yang saat ini mengalami pergerakan di bagian bawahnya dan beberapa kali mengalami longsor.

"Tebing yang mengalami pergerakan semakin dekat dengan bangunan sekolah sehingga kami merasa waswas dan meminta 153 siswa untuk siaga dan segera keluar ruangan jika hujan melanda kawasan ini," kata Kepala SDN Mekarmanah Nunung Maryati Spd, Selasa (2/7/2013).

Dia menyebutkan, tidak ada upaya lain yang bisa dilakukan untuk menanggulangi kondisi tersebut selain adanya perbaikan dengan cara membangun bronjong. Namun, untuk upaya tersebut, pihak sekolah tidak memiliki anggaran.

"Selama ini kami hanya melakukan antisipasi dengan cara memasang karung yang diisi tanah penahan longsor. Tapi, upaya itu sia-sia karena karung tersebut juga tergerus air. Karenanya, posisi sekolah terancam," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk merelokasi bangunan yang dinilai sangat terancam pun pihaknya belum memiliki dana, ditambah lahan yang diperlukan untuk relokasi belum ada. "Saat ini kalau hujan turun sedang, kegiatan belajar-mengajar tetap dilanjutkan, meski ada kekhawatiran akan terjadinya longsor," ucapnya.

Pihaknya berharap ada bantuan dari dinas pendidikan dan dinas terkait lainnya di Pemkab Cianjur agar pembetonan segera dilakukan terhadap bagian bawah tebing yang saat ini keberadaannya mengancam bangunan sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com