Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesiapan Bahasa dan Adaptasi Sebelum Studi di Belanda

Kompas.com - 10/07/2013, 12:05 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebih dari 100 pelajar Indonesia berkumpul di Erasmushuis, Jakarta, pada acara puncak penutupan kursus akulturasi bahasa Belanda, Jumat (5/7/2013) pekan lalu. Kursus telah diikuti selama tujuh minggu ini ditawarkan gratis untuk semua pelajar Indonesia yang telah diterima untuk program gelar di institusi pendidikan tinggi di Belanda.

"Saya sangat berharap kursus ini akan menjadi awal hubungan baik jangka panjang bagi semua pelajar dengan negeri Belanda. Pengetahuan bahasa dan saling pemahaman antar budaya merupakan unsur mendasar pada hubungan antar manusia sehingga akan memainkan peran sangat penting dalam memperkuat ikatan antara kedua negara," ujar Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Tjeerd F de Zwaan.

Zwaan mengatakan perlunya menekankan kerjasama antara Belanda dan Indonesia melalui pendidikan tinggi. Ia mengaku senang melihat para peserta kursus memilih Belanda untuk melanjutkan studinya dalam rangka memperkaya bidang akademis dan kepribadian mereka.

Direktur Nuffic Neso Indonesia, Mervin Bakker, mengatakan bahwa berdasarkan peringkat ranking universitas, institusi pendidikan tinggi di Belanda secara konsisten selalu menempati ranking yang tinggi. Pada rangking universitas dunia berdasarkan Times Higher Education, terdapat 12 universitas dari Belanda menempati urutan 200 besar. Hal tersebut menjadikan Belanda sebagai negara ketiga setelah Inggris dan Amerika Serikat dengan universitas terbanyak di urutan 200 besar dunia.

Adapun tujuan utama dari kursus akulturasi bahasa Belanda ini adalah untuk mempersiapkan para pelajar supaya dapat beradaptasi dengan lebih baik di Belanda. Kursus ini dapat ditawarkan gratis kepada pelajar Indonesia berkat kerjasama antara kedutaan Belanda, Erasmus Taal Centrum dan Nuffic Neso Indonesia.

Mervin mengatakan, walaupun pelajar Indonesia akan belajar di Belanda dengan menggunakan bahasa Inggris, ia yakin pengetahuan dasar budaya dan bahasa Belanda akan memberikan para pelajar kemudahan pada saat tiba di Belanda.

"Mereka akan beradapatasi lebih cepat dan hal itu akan mempermudah proses belajar mereka," kata Mervin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com