Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unand-IPDN Kerja Sama Penugasan Dosen

Kompas.com - 18/07/2013, 18:40 WIB
PADANG, KOMPAS.com — Universitas Andalas Padang dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Regional Sumatera Barat memperpanjang kerja sama penugasan dosen Unand untuk mengajar di IPDN.

"Kerja sama ini dimulai sejak 2009 dan akan diperpanjang hingga beberapa tahun ke depan," kata Wakil Rektor IV Unand Helmi di Padang, Kamis (18/7/2013).

Unand dan IPDN sebelumnya telah menjalin kerja sama penugasan dosen dari tiga fakultas yakni ekonomi, ISIP (ilmu sosial dan ilmu politik), dan hukum untuk mengajar di kampus IPDN Regional Sumbar, Baso.

Sebaliknya doktor dari IPDN juga dapat mengajar di Unand pada program pascasarjana ilmu politik. "Dengan adanya perpanjangan kerja sama ini tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak, terutama terkait pengembangan sistem pengajaran kedua institusi tersebut dalam skala nasional," katanya.

Selain itu, katanya, bagi Unand, kerja sama ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan peranan dalam pengembangan pendidikan dan pengajaran bersama mitra.

Ia mengatakan, nantinya juga akan ada kerja sama dalam beberapa bidang lainnya seperti mengembangkan laboratorium pendidikan sistem pemerintahan, publikasi karya ilmiah, serta penelitian. "Termasuk di dalamnya riset dalam pengembangan teknologi, informasi, dan komunikasi," katanya.

Sementara itu, Direktur IPDN Regional Sumbar Ismail Nurdin mengatakan, banyak keuntungan yang diperoleh IPDN terkait kerja sama dengan Unand, terlebih dalam peningkatan kualitas dan kemampuan pengetahuan akademis para praja IPDN.

"Ini terbukti dengan tingginya nilai akademis pada saat menempuh kuliah di kampus pusat Jatinangor Bandung," katanya.

Dia berharap, ke depan kerja sama ini terus berjalan bahkan meningkat setiap tahunnya. "Tidak hanya pendidikan dan pengajaran namun juga pengembangan tri dharma perguruan tinggi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com