Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Unpad Racik Obat Alternatif untuk Unggas

Kompas.com - 19/07/2013, 22:36 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com — Dua mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Bandung, Febri dan Michele, menciptakan obat alternatif untuk ternak unggas dengan label "Ble Green Nature-Feed" guna mengurangi ketergantungan pada obat kimia.

"Dengan spirulina, bisa mewakili semua obat-obatan yang digunakan untuk unggas guna mengurangi penggunaan zat kimia pada unggas," kata salah seorang peracik obat nabati dari Unpad, Febri didampingi rekannya Michele di Kampus Unpad Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (19/7/2013).

Spirulina merupakan organisme nabati renik (tumbuhan air mikroalga) yang hidup pada medium air tawar maupun air laut. Spirulina juga dinilai memiliki banyak manfaat.

"Produk yang kami buat ini memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan unggas di antaranya kuning telur menjadi lebih merah, warna daging menjadi lebih cerah, serta ayam makannya jadi lebih sedikit tapi berat badannya tetap besar," kata Michelle.

Keduanya mengaku awalnya hanya bereksperimen terhadap unggas dan spirulina sampai pada akhirnya menemukan manfaat setelah lebih lanjut mengembangkannya. "Pada saat itu, kami coba-coba memberikan spirulina pada unggas dan ternyata manfaatnya sangat banyak," katanya.

Berkat penemuannya itu, kedua mahasiswa itu mendapatkan juara untuk kategori inovasi teknologi terbaik dalam ajang Intensive-Student Technopreneurship Program (i-STEP) yang digelar Recognition and Mentoring Program (RAMP) Institut Pertanian Bogor (IPB) 24 Juni-6 Juli 2013 di Bogor.

"Di sana juga kita diberikan materi cara menulis proposal yang baik. Itu pun kita terapkan di proposal usaha kita. setelah itu proposal itu pun kita presentasikan di hadapan tim reviewer," kata Febri.

Rencananya ke depan, keduanya akan terus mengembangkan serta mematenkan karyanya tersebut serta mengembangkannya agar bisa dimanfaatkan oleh para peternak unggas. "Kita sudah mendaftarkan produk ini ke HAKI tapi masih dalam proses. Kita harapkan program kita mendapat dukungan penuh dari Unpad," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com