Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISI Sisihkan BOPTN Untuk Penelian

Kompas.com - 07/08/2013, 17:34 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com - Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar segera menyisihkan 30 persen bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) yang diterima dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membiayai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Demikian pula 20 persen penerimaan negara bukan pajak (PNBP) juga diarahkan untuk menyukseskan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi itu," kata Rektor ISI Denpasar Dr I Gede Arya Sugiartha, SSKar, M.Hum di Denpasar, Rabu (7/8/2013).

Ia mengatakan, terobosan yang dilakukan itu sebagai upaya penguatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Oleh sebab itu setiap dosen lembaga pendidikan tinggi seni itu wajib memiliki "blog pribadi" yang berisikan tentang bahan mengajar, hasil penelitian, artikel, karya seni, dan laporan pengabdian masyarakat selama setahun.

Arya Sugiartha menjelaskan, demikian pula dalam bidang kerja sama ISI Denpasar telah menandatangani naskah kerja sama sejumlah lembaga pendidikan tinggi antara lain Universitas Petra Surabaya, Pemerintah Kabupaten Gianyar dan Ochanomizu University Jepang.

Khusus kerja sama dalam penyediaan sumber daya manusia (SDM) ISI Denpasar pada bulan Juli lalu sebanyak 15 atase Pendidikan dan Kebudayaan RI di berbagai negara berkunjung ke ISI Denpasar.

Dari hasil pertemuan itu mereka meminta lulusan ISI Denpasar dapat berperanserta untuk bekerja di sejumlah kantor KBRI.

"Permintaan itu didasari atas penilaian bahwa lulusan ISI Denpasar sangat berkualitas dan terbukti mampu bersaing di tingkat internasional," ujar I Gede Arya Sugiartha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com