Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Kuliah di Ritsuimeikan Asia Pasific University?

Kompas.com - 15/09/2013, 14:09 WIB
Rahmat Fiansyah

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menimba ilmu di luar negeri merupakan idaman sebagian besar pelajar Indonesia. Salah satu negara yang kerap menjadi tujuan pelajar Indonesia untuk belajar adalah Jepang. Negara sakura ini menyediakan banyak pilihan universitas bergengsi di dunia. Salah satunya adalah Ritsumeikan Asia Pasific University (APU) yang menjadi incaran banyak pelajar asal Indonesia.

Counselor APU Indonesia, Rahimah yang biasa disapa Era, menjelaskan bahwa animo masyarakat Indonesia untuk belajar di Jepang meningkat dalam dua tahun terakhir. "Kurang lebih 40 orang per tahun untuk dua kali in-take pada April dan September," ujarnya kepada Kompas.com di Le Meridien Hotel, Jakarta, Minggu (15/9/2013).

Ia menyatakan berbeda dengan universitas lain di Jepang, APU tidak mewajibkan pelajar asing yang akan kuliah di APU untuk menguasai bahasa Jepang. Hal ini menyebabkan APU menjadi universitas dengan mahasiswa asing yang terbilang tinggi dibandingkan dengan universitas lain di Jepang. Perbandingan porsi mahasiswa di APU antara mahasiswa asli Jepang dan asing sekitar 50:50.

Saat ini mahasiswa Indonesia yang belajar di APU, (S1, S2, maupun S3), mencapai 180 orang.

Bagaimana dengan biaya hidup di Jepang yang terkenal mahal? Era menjelaskan selama ini sering terjadi kesalahpahaman. Kampus APU sendiri terletak di kota kecil Beppu, Pulau Kyushu, wilayah bagian selatan Jepang. Letak wilayahnya yang jauh dari ibu kota membuat biaya hidup untuk kuliah di APU tidak semahal kota-kota besar seperti Tokyo.

"Dengan uang sekitar 80 ribu yen atau sekitar Rp 8-9 juta per bulan, mereka sudah bisa hidup di Jepang," imbuhnya.

Jika dirasa masih mahal, biaya hidup tersebut juga bisa disiasati dengan mencari beasiswa yang begitu beragam yang ada di APU. Era mengklaim semua mahasiswa Indonesia yang kuliah di APU mendapat beasiswa yang bervariasi, mulai pengurangan biaya kuliah 30 persen hingga 100 persen.

Selain beasiswa, mahasiswa Indonesia yang kuliah di APU juga bisa bekerja paruh waktu. "Meski ada aturan yang membatasi, cukup banyak mahasiswa Indonesia yang sambil bekerja," katanya.

Menurut Era, dilihat dari jumlah peminatnya, sebagian besar mahasiswa Indonesia yang kuliah di APU mengambil jurusan bisnis yang dikenal di APU dengan sebutan International Management.  International Management terdiri dari empat bidang studi, yaitu Accounting and Finance, Marketing, Strategic Management and Organization, dan Innovation and Economics.

Bagaimana setelah lulus dari APU? Era menjelaskan, sebagian alumni APU asal Indonesia memutuskan pulang dan bekerja di Indonesia. Sebagian lainnya, ada yang tinggal di Jepang, baik melanjutkan studi di Jepang maupun bekerja di Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com