Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih... Band Terbaik Asia Versi Yamaha!

Kompas.com - 18/11/2013, 11:20 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melewati seleksi Asian Beat Band Competition 2013 tingkat wilayah atau negara, dewan juri Asian Beat Granf Final (ABGF) 2013 menetapkan band-band terbaik dan memenangkan penghargaan di tingkat Asia. Tahun ini, kompetisi yang diselenggarakan oleh Yamaha Corporation tersebut diikuti peserta dari 9 negara, meliputi Indonesia, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Rusia, Taiwan, Singapura, Hong Kong, dan Mongolia.

Tahun ini dewan juri ABGF terdiri dari Kozo Suganuma, Yovie Widianto, Ivanka Slank, Toto Tewel & Shinichi Takenaga. Sementara sebagai bintang tamu adalah Ungu Band yang merupakan Yamaha Brand Ambassador. Adapun mereka yang terpilih oleh dewan juri memenangkan Asian Beat Grand Final 2013 di Jakarta, Sabtu (9/11/2013), di Nusa Indah Theater, Balai Kartini, adalah:
- Juara pertama: Rowdy Gentlemen (Malaysia)
- Juara kedua: Grizzly Knows No Remorse (Russia)
- Juara ketiga Starline (Korea Selatan)
- Gitaris terbaik: Joshua Thamboo Ponnudorai (Malaysia)
- Bas terbaik: Kevin Adrian Theseira (Malaysia)
- Drumer terbaik: Geon Choi (Korea Selatan)
- Kibordis terbaik: Tik Hong Wong (Hongkong)
- Vokalis terbaik: Belguun Boldbaatar (Mongolia).

PR Department PT Yamaha Musik Indonesia Distributor, Sri Yamawati, menuturkan, masing-masing pemenang penghargaan ABGF 2013 tersebut menerima hadiah meliputi:
- Juara pertama: uang tunai 3,000 Dolar AS dan alat musik Yamaha senilai 2,000 Dolar AS
- Juara kedua: uang tunai 1,500 Dolar AS dan alat musik Yamaha senilai 1,500 Dolar AS
- Juara ketiga: uang tunai 1,000 Dolar AS dan alat musik Yamaha senilai 1,000 Dolar AS
- Pemenang individu (gitaris/bas/drumer/kibordis/vokalis) terbaik masing-masing mendapatkan alat musik Yamaha senilai 1,000 Dolar AS.

Seperti diketahui, Asian Beat Grand Final (ABGF) 2013 merupakan salah satu kompetisi band terbesar di Asia yang diawali dari Area Heat di tiap negara/wilayah peserta. Selanjutnya, band pemenang pada tingkat Area Heat bertemu di tingkat grand final untuk berkompetisi menjadi  band terbaik tingkat Asia.

Yamaha Corporation memulai event tersebut dengan nama "Band Alert" pada 1998, yang kemudian berubah menjadi "Asian Beat" pada 2001. Selama event ini berlangsung, sudah banyak pemain top dunia yang menjadi juri seperti Nathan East, Wes Borland, Tommy Aldridge, Sonny Emory, Billy Sheehan, James LoMenzo and Akira Jimbo.

"Khusus tahun ini Asian Beat Grand Final 2013 menghadirkan juri internasional Kozo Suganuma," ujar Sri kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (18/11/2013).

Pada gelaran Asian Beat Grand Final 2013 ini, Kozo Suganuma selain bertindak sebagai dewan juri bersama musisi Indonesia lainnya, yaitu Toto Tewel, Ivanka Slank dan Yovie Widianto, juga diminta memberikan "Drum Clinic". Turut tampil pada acara klinik drum tersebut adalah Alvyn Noxa, seorang penggebuk drum muda dan enerjik yang juga drum endorsee Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com