Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih... Syarat Sebelum Mendaftar Beasiswa StuNed ke Belanda!

Kompas.com - 16/01/2014, 15:37 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Syarat bisa meraih beasiswa Studeren in Nederland (StuNed) bukan hanya prestasi. Sebelum mendaftar, pelamar beasiswa ini harus lebih dulu memiliki surat penerimaan dari perguruan tinggi di Belanda.

"Oleh karena itu, calon pelamar harus mulai segera mendaftar ke universitas di Belanda yang dituju untuk mendapatkan Unconditional Letter of Acceptance. Ini menjadi syarat utama," ujar Indy Hardono, Koordinator Tim Beasiswa Nuffic Neso Indonesia kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (16/1/2014).

Tahun ini, program beasiswa StuNed kembali dibuka bagi para pelajar Indonesia untuk mengambil studi S-2 atau kursus singkat di Belanda. Bagi yang tertarik, batas waktu aplikasi beasiswa sampai 15 Maret 2014 untuk program S-2 dan 1 Maret 2014 untuk kursus singkat (short course). Informasi lebih detail juga bisa didapatkan pada Holland Scholarship Day di Erasmus Huis, Jakarta, Senin (20/1/2014) pekan depan.

"Para pelajar bisa memperoleh informasi mengenai StuNed dan juga program beasiswa lainnya seperti beasiswa Orange Tulip, LPDP, KOMINFO, dan juga informasi mengenai studi di Belanda," kata Indy.

Indy menambahkan, perhatian khusus akan diberikan kepada para pelajar berprestasi yang memiliki rencana studi di area-area yang berkaitan dengan kerja sama bilateral Indonesia dan Belanda, seperti ekonomi, hak asasi manusia (HAM), ketahanan pangan, pengelolaan air, dan peradilan.

Adapun penilaian prestasi sebagai syarat utama didasarkan pada nilai akademis (IPK) program S-1 dan atau pencapaian karier selama bekerja. Proses seleksi juga akan memprioritaskan program studi yang berkaitan dengan kerja sama bilateral yang telah disebutkan.

Informasi lebih lanjut tentang StuNed dan program studi di Belanda dapat diakses melalui www.nesoindonesia.or.id/stuned.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com