Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Kreativitas, UMN Jaring Calon Mahasiswa Baru

Kompas.com - 24/01/2014, 16:53 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

Kompas.com/Robertus Belarminus
JAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Multimedia Nusantara (UMN) hadir di pameran pendidikan yang digelar di Assembly Hall Jakarta Conventional Center (JCC), Senayan, Jakarta. UMN memamerkan salah satu karya mahasiswanya berupa virtual kampus 3D. Program animasi dengan teknologi berbasis game ini berupa maket dari gedung UMN.

"Ini produk hasil karya mahasiswa UMN. Jadi, mereka membuat ini di tingkat akhir. Virtual kampus 3D ini merupakan bentukan keadaan asli dari kampus UMN," kata Marketing Comunication Staf David Calvin kepada Kompas.com di JCC, Jakarta, Jumat (24/1/2014) siang.

David melanjutkan, materi untuk membuat animasi tersebut berasal dari Fakultas Seni dan Desain serta Fakultas ICT pada program studi Teknik Informatika UMN. Mahasiswa jurusan itu akan dibekali kemampuan seperti membuat animasi, desain grafis, game, ataupun sinematografi.

Sementara, untuk Fakultas Komunikasi, ada jurusan jurnalistik dan public relation (humas), sedangkan untuk Fakultas Ekonomi ada jurusan Manajemen dan Akuntasi.

Perguruan tinggi yang berlokasi di Scientia Garden, Jalan Boulevard Gading Serpong, Tangerang-Banten, itu memiliki total empat fakultas, terdiri dari Fakultas ICT, Fakultas Seni dan Desain, Fakultas Komunkasi dan Fakultas Ekonomi. UMN sendiri menggunakan kurikulum berbasis Information, Computer, and Technology (ICT).

"Semuanya untuk jenjang S-1 (strata 1)," ujar David.

Dia melanjutkan, lulusan UMN juga tidak perlu khawatir karena kampus tersebut sudah bekerja sama dengan banyak perusahaan untuk dapat lebih mudah diterima bekerja. Perusahaan-perusahaan itu misalnya yang bergerak di bidang media, perusahaan audit, perbankan, developer (pengembang properti), dan lainnya.

"Jadi, ketika masuk UMN dan sudah lulus, tidak susah cari kerja. Kami sudah kerja sama dengan beberapa perusahaan, termasuk Kompas Gramedia," ujar David.

Saat ini Kampus UMN dilengkapi berbagai fasilitas laboratorium lengkap, mulai lab untuk broadcasting, lab komputer, studio TV, dan lainnya. UMN juga menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitasnya di bidang seni, olah raga, sains, dan sosial melalui berbagai unit kegiatan mahasiswa (UKM). Kampus yang berdiri pada 2006 itu kini sudah memiliki 7.000 lebih mahasiswa aktif.

Pendaftaran

Saat ini, ada beberapa jalur pendaftaran masuk ke UMN. Pelajar tamatan SMA bisa menggunakan jalur tes reguler atau melalui jalur prestasi berdasarkan nilai rapor. Ada juga melalui beasiswa dengan melihat peringkat atau rangking.

Cara mendaftarkannya pun mudah. Calon mahasiswa bisa melalui kampus langsung atau melihat melalui internet di www.umn.ac.id sekaligus mengakses berbagai informasi seputar Kampus UMN.

Pada pameran pendidikan bertema "23rd Indonesia International Education & Training Expo 2014", dan diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan PT Wahyu Promo Citra" ini, UMN membuka pendaftaran dan gratis biaya pembelian formulir sampai dengan akhir pameran, Minggu (26/1/2014).

"Kalau yang sekarang gratis sampai 26 Januari (akhir pameran). Di luar itu biayanya Rp 200.000," ujar David.

Juliantino (18), salah satu pelajar SMK Sahid, Ciracas, Jakarta Timur, tertarik untuk mendaftar pada stan UMN di Fakultas Komunikasi. Pelajar asal Depok, Jawa Barat, itu berminat pada dunia broadcasting.

"Karena saya suka broadcast, karena itu saya pilih komunikasi. Ingin jadi floor director di televisi," kata pelajar jurusan travel itu.

Selain itu, UMN juga mengadakan pendaftaran untuk pematangan ujian nasional (UN) selama satu hari melalui try out yang diselenggarakan Minggu 9 Februari pukul 08.00 WIB di function hall UMN. Pelajar dari sekolah mana pun boleh mendaftar, dengan biaya Rp 20.000.

"Kami mengajak sekolah mana saja, khususnya Jabodetabek. Jadi, ini pematangan untuk mereka mengikuti UN nanti," tambah David.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com