Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Anggito Akan Dibawa ke Senat Akademik UGM

Kompas.com - 17/02/2014, 15:28 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com
 — Kasus dugaan plagiat artikel yang dilakukan Anggito Abimanyu akan dibawa ke Senat Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk dianalisis.

Hal tersebut disampaikan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Pratikno dalam jumpa pers mengenai pengumuman pengunduran diri Anggito sebagai dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Senin (17/2/2014) siang.

Menurut Pratikno, pihaknya akan menindaklanjuti pengunduran diri Anggito dengan mengajukan surat ke Senat Akademik UGM.

Sebelumnya, Anggito mengakui melakukan kesalahan pengutipan referensi dalam tulisan berjudul "Gagasan Asuransi Bencana" yang dimuat di Harian Kompas edisi 10 Februari 2014.

"Senat akademik akan menganalisis kesalahan tersebut," kata Pratikno.

Hasil analisis tersebut, lanjut Pratikno, akan disampaikan kepada Komisi Etik untuk ditelaah lebih lanjut kemudian diserahkan kembali ke Senat Akademik.

Anggito menyatakan, dirinya akan sepenuhnya patuh kepada seluruh mekanisme tersebut.

"Saya akan patuh pada UGM. Proses ini akan saya prioritaskan di tengah segala kesibukan saya," kata Anggito yang juga menjabat Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI.

Sebelumnya diberitakan, seorang penulis di Kompasiana dengan akun "Penulis UGM" mengungkap kesamaan tulisan Anggito dengan tulisan opini serupa yang tayang lebih dulu dalam tulisan "Anggito Abimanyu Menjiplak Artikel Orang?".

Opini tulisan Anggito berjudul "Gagasan Asuransi Bencana" dinilai menjiplak karya Hatbonar Sinaga berjudul "Menggagas Asuransi Bencana" yang dimuat di Kompas, 21 Juli 2006. Sebagian besar kalimat dalam paragraf nyaris sama. (Niti Bayu Indrakrista)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com