Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OECD: Kemampuan Matematika Anak Dokter Tak Lebih Bagus daripada Anak Petugas Kebersihan

Kompas.com - 19/02/2014, 01:23 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

PARIS, KOMPAS.com - Anak-anak dari para petugas kebersihan di Shanghai, China, disebut memiliki kemampuan matematika melebihi anak-anak dari para pekerja profesional seperti dokter dan pengacara.

Namun, anak-anak dari kalangan profesional di Amerika dan Inggris memiliki kemampuan lebih buruk di bidang matematika, dibandingkan dengan anak-anak berlatar belakang keluarga yang sama di negara lain.

"Di Amerika Serikat dan Inggris, tempat para profesional merupakan salah satu penerima bayaran tertinggi di dunia, siswa dengan orang tua dari kalangan profesional ini tidak berprestasi bagus di bidang matematika seperti halnya anak-anak dari kalangan profesional di negara lain," kata laporan dari OECD, organisasi internasional di bidang ekonomi dan pembangunan, Selasa (18/2/2014).

Anak-anak dari kalangan profesional di Inggris dan Amerika jelas jauh tertinggal kemampuannya dibandingkan anak-anak di Shanghai atau Singapura yang berlatar belakang keluarga dari pekerja di bidang pekerjaan kasar.

Temuan tersebut merupakan bagian dari analisis uji peringkat global Pisa, pada Desember 2013. Studi ini menyimpulkan ada korelasi kuat antara prestasi siswa di sekolah dengan pekerjaan orangtua mereka.

Analisis itu menyimpulkan pula bahwa sangat memungkinkan memberi kesempatan anak-anak para pekerja pabrik untuk mendapatkan pendidikan berkualitas sama tinggi yang dinikmati anak-anak para pengacara dan dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com