Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMAN 70 Keluhkan Pilihan Jawaban UN Bahasa Indonesia yang Mirip

Kompas.com - 14/04/2014, 13:00 WIB
Laila Rahmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Siswa peserta ujian nasional (UN) SMAN 70 Jakarta mengeluhkan pilihan jawaban di soal Bahasa Indonesia. Menurut mereka, pilihan jawaban hampir mirip.

Rancunya jawaban soal UN Bahasa Indonesia, Senin (14/4/2014). Hal itu mereka sampaikan seusai pelaksanaan UN Bahasa Indonesia.

"Sebenarnya sih enggak susah, cuma lebih ke rancu aja. Antara (pilihan jawaban) A, B, C, D-nya mirip-mirip gitu," kata Zahra, salah seorang siswi XII IPA.

Hal senada juga dirasakan oleh siswa lain. Menurut salah seorang siswa, Byaz, semua materi sebenarnya sudah diajarkan. Hanya, soal kerancuan itu memang tidak bisa diprediksi sebelumnya.

Kompas.com sempat melihat soal Bahasa Indonesia. Pilihan jawabannya pun memang sekilas mirip. Contohnya pada pertanyaan watak tokoh. Pilihan jawabannya antara lain "sabar" dan "santun".

Selain membicarakan UN Bahasa Indonesia yang telah lewat, mereka juga belajar untuk UN selanjutnya. Mereka kembali masuk kelas pukul 10.30 dengan jadwal UN Geografi untuk jurusan IPS dan UN Biologi untuk jurusan IPA.

Kepala Sekolah Endang Hidayat enggan menanggapi hal tersebut. Dia malah menyebut kualitas kertas soal dan LJK lebih bagus dari tahun kemarin.

"Ini sudah lebih bagus. Kertas 80 gram. Cuma ya itu (tinta) tulisannya kurang kereng (hitam), tapi masih jelas. Enggak pengaruh. Kalo anak-anak yang baca sih enggak masalah," kata Endang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com