Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila Naskah Ujian Kurang, Fotokopi adalah Jalan Terakhir

Kompas.com - 14/04/2014, 19:26 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Nasional hari pertama, diwarnai dengan beberapa permasalahan terkait naskah ujian, misalnya  naskah ujian yang kurang atau naskah tertukar.

Kekurangan naskah UN terjadi antara lain di Kepulauan Riau, tepatnya di SMA 2 di Pulau Belakang Padang. Akibatnya, naskah untuk mata pelajaran Biologi itu harus digandakan.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Furqon mengatakan, naskah UN seharusnya tidak boleh digandakan. "Naskah UN itu tidak boleh digandakan apapun bentuknya, hal itu termasuk pelanggaran," kata Furqon, Senin (14/4/2014).

Kasus yang terjadi di Kepulauan Riau itu, lanjut Furqon, terpaksa dilakukan dan itu merupakan jalan terakhir yang diputuskan panitia penyelenggara UN setempat.

"Jika kekurangan naskah, boleh meminta ke sekolah-sekolah atau rayon lain yang dekat dengan sekolah yang kurang yang memiliki kelebihan naskah. Namun jika ternyata naskah tidak juga mencukupi dan sudah mentok tidak ada jalan keluar lain, maka diperbolehkan difotokopi," papar Furqon.

Penggandaan naskah UN pun tidak boleh sembarangan, lanjut Furqon. Proses penggandaan harus tetap didampingi pengawas independen, wakil perguruan tinggi dan kepolisian.

Sebelumnya diberitakan, SMA 2 Pulau Belakang Padang, Kepulauan Riau, kekurangan soal Biologi. Akibatnya 40 lembar soal harus digandakan di pulau utama di Batam.

Untungnya, Biologi adalah mata ujian kedua pada Senin (14/4/2014), sehingga panitia ujian bisa mengupayakan penggandaan dan mengantarnya ke Pulau Belakang Padang sebelum waktu ujian tiba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com