Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Esok, UIN Jakarta Beri Gelar "Doctor Honoris Causa" kepada Mahathir Mohamad

Kompas.com - 13/05/2014, 22:51 WIB
Yohanes Debrito Neonnub

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta akan memberikan gelar doctor honoris causa kepada mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir bin Mohamad. Penghargaan tersebut diberikan bersamaan dengan pembukaan Center for the Study of Han Culture pada Rabu (14/5/2014).

"UIN Syarif Hidayatullah akan memberikan gelar doctor honoris causa kepada Tun Dr Mahathir bin Mohamad atas segala prestasinya selama ini. Beliau adalah tokoh ASEAN dan dunia," kata Rektor UIN Sharif Hidayatullah Jakarta Komaruddin Hidayat dalam pembukaan malam ramah tamah di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Menurut dia, Mahathir adalah sosok pemimpin yang membawa kemajuan bagi Malaysia dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN (Association of Southeast Asian Nations).

"Tidak mudah memajukan ekonomi dan politik. Mahathir sukses memajukan perekonomian dan politik di Malaysia," sambungnya.

Pemberian gelar doktor kehormatan tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi dan dedikasi Mahathir bagi ASEAN dan dunia internasional. Rencananya pemberian gelar tersebut akan dilangsungkan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di Ciputat, Tangerang Selatan.

Kegiatan tersebut bertepatan dengan peletakan batu pertama pembukaan Pusat Kajian Kebudayaan Tionghoa dengan fokus kebudayaan Han. Pemberian gelar dan pembukaan pusat studi tersebut diharapkan bisa menjadi wadah kerja sama budaya antara Tiongkok, Indonesia, dan Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com