Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran PPDB Online 2014 Dipermudah

Kompas.com - 19/06/2014, 16:25 WIB
Jessi Carina

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com -- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun ini memiliki perbedaan dengan PPDB online pada tahun lalu. Tahun ini, PPDB memberi kemudahan yang lebih bagi pendaftar.

"Sejak tahun lalu memang pendaftaran sudah online. Hanya bedanya, tahun ini pendaftaran justru lebih mudah," ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Bekasi Ali Fauzi di Balai Patriot, Kamis (19/6/2014).

Tahun lalu, untuk tingkat SMP dan tingkat SMA, siswa yang mendaftar ke satu sekolah tidak dapat mengundurkan diri dari sekolah tersebut. Nama siswa tersebut akan hilang dengan sendirinya jika nilainya kalah tinggi dengan siswa lain.

Sedangkan tahun ini, siswa dapat mengundurkan diri dari sekolah pilihan pertamanya. "Jadi sekarang misalkan siswa sudah daftar di satu SMA, lalu dia lihat ternyata nilainya bisa nih untuk daftar di SMA favorit, nah itu dia bisa mengundurkan diri. Istilahnya membatalkan pendaftaran," ujar Ali.

Caranya, pendaftar hanya perlu mendatangi operator di sekolah manapun dan menandatangani surat pernyataan mundur. Setelah itu, siswa dapat mendaftar di sekolah lain. Sedangkan untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang berbeda ada pada sistem tesnya. Tahun lalu, siswa pendaftar di SMK harus mengikuti tes kompetensi. Namun untuk tahun ini, tes tersebut dihapuskan. Berganti menjadi tes kesehatan seperti tes fisik, buta warna, dan pemeriksaan bebas narkoba.

Selain itu, apabila tidak lulus di salah satu jurusan di SMK, siswa dapat mendaftar kembali untuk jurusan yang sama di SMK lain. Padahal, tahun lalu hal ini tidak diperbolehkan. Jika ditolak di satu jurusan, siswa tersebut dapat memilih jurusan lain asalkan masih sekolah yang sama.

Hari ini, seluruh SMA membuka pendaftaran siswa baru secara online hari pertama. PPDB online ini akan dibuka sejak 19 Juni - 25 Juni 2014. Pada 30 Juni 2014, pengumuman kelulusan masuk ke sekolah tertentu akan keluar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com