Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjadikan Komunitas Disabilitas sebagai Inspirasi

Kompas.com - 16/07/2014, 13:46 WIB
Josephus Primus

Editor

KOMPAS.com - Lambat-laun, masyarakat mesti memandang komunitas disabilitas sebagai inspirasi. Bantuan untuk kaum disabilitas mestinya berupa dukungan mulai dari inspirasi hingga bisnis. Catatan itu mengemuka dalam kerja sama antara perusahaan penyedia jasa internet dan multimedia PT Indosat Mega Media (IM2) yang menggandeng laman www.kartunet.or.id atau yang lebih dikenal dengan nama Kartunet alias Karya Tunanetra, kemarin.

IM2 kata Sekretaris Korporasi IM2 Andri Aslan menyediakan hosting costumed space dan unlimited bandwith dengan lokasi server di Indonesia. Dengan cara itu, akses pengguna yang mayoritas berada di dalam negeri ke laman tersebut menjadi lebih mudah dan lancar. "Kami yakin apa yang diperjuangkan Kartunet memberdayakan memberdayakan komunitas disabilitas memiliki banyak potensi,"katanya.
   
Laman Kartunet sudah berdiri sejak 19 Januari 2006. Selama lebih dari sewindu keberadaannya, Kartunet berkomitmen memberikan pandangan baru masyarakat dalam melihat penyandang disabilitas dengan memberikan informasi dan inspirasi. Selain itu, Kartunet juga menjadi media untuk berkreasi dan berekspresi di ranah daring atau online bagi penyandang disabilitas serta masyarakat umum yang peduli pada isu ini.

Selain itu, peluang reseller hosting dari IM2 juga dapat menjadi keuntungan tersendiri dalam start up business di bidang web development yang sedang dikembangkan Kartunet. Server hosting yang stabil dari IM2 akan menjadi nilai tambah dari usaha digital yang kami tawarkan.

“Kartunet berharap kerja sama ini dapat terjalin dalam jangka panjang, sembari membuka peluang-peluang lainnya di bidang telekomunikasi digital. Sebab kami yakin, dengan makin majunya infrastruktur jaringan internet di Indonesia, hal tersebut akan berdampak positif bagi penyandang disabilitas. Banyak hambatan, khususnya di sektor mobilitas dan akses informasi, yang dapat teratasi dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Semakin penyandang disabilitas berdaya, makin besar pula kontribusi yang dapat diberikan, bukan sekadar jadi beban untuk negara dan bangsa,” ujar Dimas Prasetyo Muharam, pendiri Kartunet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com