Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggung Jawab Sosial dengan Hati

Kompas.com - 16/07/2014, 20:26 WIB
KOMPAS.com - Program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) mestinya dilakukan dengan hati untuk memberikan manfaat seluasnya kepada masyarakat. Presiden Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat mengatakan hal itu dalam perbincangan bersama media pada Rabu (16/7/2014) sore.

Berangkat dari situlah, imbuh Irwan, pihaknya mengubah strategi CSR menjadi SSR atau Soul Social Responsibility. Catatan mengenai hal itu termaktub dalam buku bertajuk "Sido Muncul Impian yang Terwujud". Buku tersebut tebalnya 50 halaman dan berisi perjalanan sejarah, pencapaian, dan harapan perusahaan yang sudah menjadi emiten Bursa Efek Indonesia sejak setahun silam.

Irwan mengatakan salah satu SSR unggulannya adalah Mudik Lebaran Gratis. Program ini berangkat dari kenyataan betapa sulitnya para penjual jamu pulang kampung merayakan Idul Fitri lantaran kelangkaan transportasi. Maka dari itulah, pada 1991, Sido Muncul memulai program tersebut hingga kini.

Catatan menunjukkan pada 2014, Program Mudik Lebaran Gratis sudah memasuki penyelenggaraan yang ke-25. Menurut rencana, Sido Muncul akan menggelar acara itu satu minggu sebelum Idul Fitri yang jatuh pada 28 Juli 2014. Dalam kesempatan itu, emiten berkode SIDO tersebut menyiapkan 310 bus untuk berbagai tujuan di seperti Cirebon, Tegal, Solo, Purwokerto, dan Yogyakarta. Sekitar 20.000 orang penjual jamu dan keluarganya akan mudik dalam program itu.

Sementara itu, SSR Sido Muncul lainnya adalah promosi keindahan alam Indonesia dalam iklan bertema pariwisata. Sido Muncul juga menjadikan operasi katarak gratis dan pemberian bantuan kepada bantuan korban bencana alam sebagai SSR.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com