Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Negara Mengevaluasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan

Kompas.com - 22/08/2014, 11:58 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar seminar internasional dalam rangka evaluasi pelaksanaan Education For Sustainable Development (ESD) di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, 2-5 September 2014 mendatang. Seminar tersebut dilaksanakan untuk mengevaluasi pelaksanaan ESD atau Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di negara-negara Asia dan membangun kesepakatan bersama sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pusat pembelajaran masyarakat dalam menciptakan pembangunan berkelanjutan.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Ibnu Hamad, mengatakan bahwa seminar internasional tersebut akan diikuti oleh 50 peserta Internasional dari 15 negara yang terdiri dari kawasan ASEAN, yaitu: Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, Vietnam, dan kawasan asia lainnya yaitu Bangladesh, India, Mongolia, Jepang, Korea Selatan, Pakistan, dan Timor Leste. Sementara itu, 65 peserta dalam negeri terdiri dari unsur kementerian/lembaga, organisasi/lembaga perempuan, organisasi masyarakat/keagamaan, dan lainnya.

Dia mengatakan, beberapa hasil yang diharapkan dari seminar internasional ini adalah negara-negara/organisasi peserta memperoleh wawasan lebih luas mengenai ESD. Diperolehnya data dan Informasi tentang pelaksanaan ESD di kawasan negara Asia terkait dengan permasalahan, kekuatan dan tantangan.

"Utamanya dalam dekade dasawarsa 2005-2014 serta sebagai bahan penyusunan rekomendasi dan kesepakatan pasca dasawarsa ESD," ujarnya dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com