Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2014, 07:30 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Korea melalui Korean Government Scholarship Program (KGSP) kembali menawarkan beasiswa bagi kandidat internasional untuk tahun akademik 2015. Ada 110 beasiswa S-1 yang akan diberikan tahun ini dengan berbagai program studi di setiap jenjangnya.

Pemerintah Korea menawarkan beasiswa tersebut ke-64 negara di Afrika, Asia Pasifik, dan Eropa. Namun, dari Indonesia hanya akan dipilih 2 orang untuk menerima beasiswa ini.

Penerima beasiswa yang terseleksi diwajibkan mengikuti program belajar bahasa Korea selama satu tahun pertama. Setelah menyelesaikan program tersebut, barulah program S-1 bisa ditempuh selama 4 tahun.

Adapun skema beasiswa yang diberikan ini meliputi biaya kuliah selama 4 tahun untuk S-1 dan kursus bahasa Korea untuk masing-masing jenjang selama 1 tahun. Beasiswa juga meliputi tiket pesawat pulang-pergi dari negara asal kandidat, tunjangan bulanan sebesar 800.000 KRW (786 dollar AS) atau sekitar Rp 9,2 juta, tunjangan tempat tinggal, tunjangan untuk kembali ke negeri asal setelah menyelesaikan studi, asuransi kesehatan, serta tunjangan riset dan lainnya.

Untuk S-1, kandidat harus berusia di bawah 25 tahun pada 1 Maret 2015 dengan IPK minimal 2.64 (skala 4.0), 2.8 (skala 4.3), 2.91 (skala 4.5). Tahun lalu, dua orang telah terpilih dan mereka sedang mengambil program bahasa Korea, tahun depan mereka akan mulai perkuliahan S-1.

Tahun ini, program beasiswa S-2dan S-3 telah berhasil menyeleksi 10 orang dari 255 orang pelamar yang ingin melanjutkan studi mereka di Korea Selatan. Mereka sudah tiba di Korea Selatan pada Agustus ini dan tengah menjalani program orientasi.

Bagi yang berminat, aplikasi beasiswa program S-1 akan ditunggu sampai 3 Oktober 2014 di Kedutaan Besar Korea. Informasi selanjutnya bisa diperoleh melalui laman resmi NIIED di www.studyinkorea.go.kr dan laman resmi Kedutaan Korea di idn.mofa.go.kr.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com