Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Kristen IPEKA Raih 3 Emas di Olimpiade Sains Nasional

Kompas.com - 08/09/2014, 15:55 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekolah Kristen IPEKA Jakarta meraih 3 medali emas dan 2 perunggu dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-13 tingkat SMA di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Digelar pada 1-7 September 2014 lalu, OSN tahun ini diikuti sekitar 3.000 peserta.

Valdi Ven Jayapranata, siswa IPEKA Sunter, meraih medali emas untuk bidang studi Biologi. Nicholas Susanto, siswa IPEKA Puri, dan Erlang Wiratama, siswa IPEKA International Christian School (IICS) masing-masing meraih medali Emas untuk bidang studi Matematika. Sementara itu, 2 medali perunggu diperoleh dari bidang studi Biologi, yang diraih oleh Wilson Gomarga, siswa IPEKA Sunter, dan Alexander Sacchio, siswa IPEKA Pluit.

Petroes S. Soeryo, Direktur Utama Operasional Sekolah Kristen IPEKA mengatakan bahwa capaian prestasi tersebut perlu diapresiasi dengan rasa syukur. Pihaknya akan semakin memperkuat landasan filosofi pendidikan IPEKA yang memiliki motto Better Education in Science and Truth atau BEST.

"Kami menerapkan pendidikan yang integral antara iman dan ilmu pengetahuan, karena kami ingin setiap siswa-siswi tumbuh di dalam pengetahuan, memiliki karakter yang baik, dan berkembang dalam iman atau kerohanian," ujar Petroes kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (8/9/2014). 

Petroes mengatakan, bahwa guru dan karyawan IPEKA dibentuk dalam hal rohani agar mereka tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan, melainkan juga dapat menjadi teladan bagi siswa-siswi. Karena selama ini, lanjut dia, sekolah ini dikenal sebagai sekolah yang menyajikan pendidikan dengan penekanan pada keunggulan akademik, pendidikan dan pembinaan karakter, serta keunggulan pendidikan dan pembinaan kerohanian.

Sementara itu, menurut Khoe Yao Tung, Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum IPEKA, sebagai komitmen untuk terus meningkatkan kualitas didikan, IPEKA sendiri telah menjalin kerjasama dengan lembaga akreditasi internasional seperti Association of Christian Schools International (ACSI), yaitu sebuah lembaga pendidikan Kristen internasional dan Western Association of Schools and Colleges (WASC). WASC adalah salah satu dari 6 lembaga yang bertanggung jawab untuk melakukan akreditasi di Amerika Serikat.

"Kami menerapkan A Beka Curriculum dari Amerika untuk kurikulum TK dan SD, sementara untuk SMP-SMA menggunakan kurikulum The Higher School Certificate (HSC) dari Australia. Semuanya terintegrasi dengan kurikulum nasional. IICS juga memiliki sejumlah tenaga pengajar asing untuk memberikan kualitas pendidikan sesuai kurikulum yang diberikan," kata Khoe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com