Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaki "Senior" Mapala UI Bersiap Mendaki Chulu West

Kompas.com - 02/10/2014, 07:20 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuh pendaki senior Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) bersiap mendaki puncak Chulu West di ketinggian 6,419 meter di atas permukaan laut. Perjalanan akan diawali dengan menjelajahi Annapurna Circuit atau mengelilingi Gunung Annapurna, kawasan Pegunungan Himalaya.

Agung Sutiastoro (43) mengatakan, keberhasilan perjalanan tersebut nantinya akan dijadikan "kado" ke 50-tahun Mapala UI pada tahun ini. Untuk mencapai target itu, para pendaki senior yang dikenal dengan sebutan kelompok fit@fifty itu telah berlatih selama 3 bulan penuh.

"Tujuannya ke puncak Chulu West, jadi sekalian saja karena sejalan dengan rute Annapurna Circuit. Untuk fisik rata-rata pendaki adalah atlet maraton juga, jadi tidak masalah. Persiapan pendakian hanya ditambah porsi latihan manjat dan menggunakan alat-alat mendaki untuk medan bersalju," kata Agung kepada Kompas.com, Kamis (2/10/2014).

Tim dijadwalkan berangkat hari ini, Jumat (3/10/2014), menuju Kathmandu. Perjalanan pendakian ke puncak Chulu West hingga kembali ke Tanah Air diperkirakan memakan waktu tiga minggu.

Sebelumnya, pada 2011 lalu tim ini sudah berhasil menjejak di puncak Gunung Kilimanjaro atau Uhuru Peak, Tanzania, Afrika, di ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut. Tim tersebut mencapai Puncak Uhuru melalui Machame Route, Sabtu (22/10/2011) pukul 10.00 waktu Tanzania (Baca: Lewati Rute Terberat, Mapala UI Menjejak Puncak Kilimanjaro).

Adapun puncak Chulu West kali pertama didaki pada 1952 oleh sebuah tim ekspedisi asal Jepang. Pada 1985, tim Mapala UI sendiri pernah menjajal menyambangi puncak gunung tersebut. Sayangnya, pendakian tersebut gagal mencapai puncaknya.

"Semoga bisa membayar hutang," kata Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com