Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libatkan Komunitas dan Kaum Muda Hidupkan Kembali Pasar Rakyat

Kompas.com - 06/10/2014, 12:57 WIB

 

KOMPAS.com - Yayasan Danamon Peduli punya tiga cara untuk melanjutkan revitalisasi pasar rakyat yang sudah terlaksana sejak 2006 silam. Menurut Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli Restu Pratiwi, langkah ke depan, pihaknya bakal mewujudkan program Jelajah Pasar Rakyat Nusantara. "Pasar rakyat itu seksi, keren, dan cool. Makanya, revitalisasi pasar harus menjadi kerja bersama, gerakan bersama seluruh komunitas," kata perempuan berkacamata ini saat diskusi terbatas Yayasan Danamon Peduli bertajuk "Quo Vadis Pasar Tradisional?" pada Kamis (2/10/2014) pekan lalu.

Yang kedua, imbuh Restu, khususnya bagi media, pasar rakyat mestinya tak dipandang melulu sebagai aspek ekonomi. "Pasar rakyat punya aspek besar pula pada bidang sosial, budaya, arsitektur dan sebagainya," tutur Restu membeberkan cara ketiga pihaknya.

Diskusi terbatas tersebut menghadirkan pembicara antara lain Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurti, pengamat perkotaan Nirwono Joga, Direktur Yayasan Inovasi Pemerintah Daerah Yooke Damapolii, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Astrid Enricka Ditha, pelaku industri kreatif & penulis Brand Gardener & Do Handoko Hendroyono, dan Deputy Director for Urban Development Policies and Strategies Kementerian Pekerjaan Umum Endra S Atmawidjaja.

Sejauh ini, Yayasan Danamon Peduli, pada 2010, meningkatkan program revitalisasi pasar rakyat itu dengan Program Pasar Sejahtera. Penekanan ini membidik komitmen serta dukungan pemerintah daerah, pengelola, dan para pedagang dalam merawat dan mengembangkan pasar rakyat.

Pada 2014, Yayasan Danamon Peduli menyiapkan dana Rp 2,8 miliar untuk pengembangan dan kelangsungan sepuluh pasar rakyat pada tujuh lokasi percontohan. Ketujuh pasar tersebut adalah Pasar Ibuh di Kota Payakumbuh (Provinsi Sumatera Barat), Pasar Grogolan di Kota Pekalongan (Provinsi Jawa Tengah), Pasar Bunder di Kabupaten Sragen (Provinsi Jawa Tengah), Pasar Baru di Kota Probolinggo (Provinsi Jawa Timur), Pasar Semampir di Kabupaten Probolinggo (Provinsi Jawa Timur), Pasar Sindang Kasih di Kabupaten Majalengka (Provinsi Jawa Barat), dan Pasar Kemuning di Kota Pontianak (Provinsi Kalimantan Barat). Pada tahun ini juga, akan ada tiga lokasi terbaru pasar rakyat yang menjadi percontohan Yayasan Danamon Peduli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com