Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Mau Jadi Bankir kan?

Kompas.com - 04/11/2014, 15:09 WIB

KOMPAS.com - Seiring dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, industri perbankan tetap berpeluang sebagai ajang membina karier. Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia (IBI) Zulkifli Zaini memberikan catatannya itu saat membuka IBI Bankers Career Expo 2014.

Acara yang menyediakan kesempatan bekerja di industri perbankan tersebut terselenggara di Gedung SMESCO-UKM, Jakarta selama dua hari sejak hari ini, Selasa (4/11/2014). "Saat ini di seluruh Indonesia ada 5.000 orang berkarier di dunia perbankan," tutur mantan Presiden Direktur PT Bank Mandiri Tbk ini.

Lebih lanjut, pria berusia 58 tahun ini mengatakan, kebutuhan tenaga kerja di industri perbankan Indonesia per tahun mencapai angka 25.000 orang. "Ini pertumbuhan linear ya. Karena andaikan ekonomi berkembang, pertumbuhan kebutuhan itu bisa mencapai angka 60.000 orang per tahun," katanya.

Sampai sekarang, terang Zulkifli Zaini, dari 13 bidang kompetensi di dalam industri perbankan, IBI sudah melakukan sertifikasi sembilan bidang yakni funding and services, treasury dealer, operation, general banking, wealth management, risk management, compliance, internal audit, dan credit.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia IBI Banker Career Expo Fransiska Oei profesi di bidang perbankan masih sangat menjanjikan. Pasalnya, potensi industri perbankan masih luas. "Industri perbankan mencakup sektor mikro hingga korporasi," terangnya.

Sementara itu, terkait sertifikasi tadi, Fransiska yang juga Direktur Independen PT Bank Danamon Indonesia Tbk itu menjelaskan sampai dengan akhir Oktober 2014, sudah ada 71.120 bankir yang mendapat sertifikasi.    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com